nusabali

Lagi, Beredar Foto Bule Setengah Telanjang di Kayu Putih

Penjagaan Sudah Diperketat, Pengelola Yakini Foto Lama

  • www.nusabali.com-lagi-beredar-foto-bule-setengah-telanjang-di-kayu-putih

TABANAN, NusaBali
Bule berfoto setengah telanjang kembali viral terjadi di Objek Wisata Kayu Putih di Banjar Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan.

Viralnya foto itu setelah diposting oleh akun niluhdjlantik. Beragam komentar pun menanggapi aksi bule yang memperlihatkan setengah badannya itu.  Ada dua foto yang diposting oleh akun IG niluhdjelantik. Bule perempuan yang diketahui bernama luiza_kosykh asal Rusia ini berpose berbeda. Pose pertama memperlihatkan badan setengah telanjang menghadap ke samping, lalu kedua berpose menggunakan kain putih naik ke pohon tersebut.

Jika dilihat dari foto, bule ini mengambil gambar sisi timur objek wisata Kayu Putih. Kabarnya bule Rusia ini sudah lama tinggal di Bali. Bahkan punya bisnis penjualan panduan online tentang Bali, serta menjual perhiasan di Bali.

Dikonfirmasi terpisah Ketua Pengelola Wisata Kayu Putih I Made Kurna sudah mengetahui kembali adanya foto bule viral di Kayu Putih. Namun dia memastikan bahwa peristiwa itu adalah kejadian lama hanya saja perlu dilakukan pengecekan kembali. "Kalau baru-baru ini tidak mungkin, karena kami sudah penataan sejak awal tahun 2022 dan perketat penjagaan. Ada 3 orang petugas yang jaga tiap hari," tegas Made Kurna, Rabu (12/4). Selain pengetatan penjagaan, kata Kurna di sekeliling kawasan wisata Kayu Putih sudah dipagar baik di depan objek, hingga samping objek bagian selatan. Khusus di depan Pura Pemaksan Babakan pintunya tak bisa dilalui hanya dibuka pada bagian timur saja. Termasuk setiap ada wisatawan yang datang dengan membawa kamera atupun mengajak fotografer ditanya petugas kepentingannya.

Itu juga berlaku pada orang yang ingin membuat konten youtube harus mapiuning di Pura Babakan. Kemudian lanjut Kurna, dibukanya objek wisata mulai pukul 08.00 Wita sampai pukul 18.00 Wita. "Kalau pagi-pagi ke sana (objek wisata) kayu Putih atau menyelinap tidak mungkin karena sekarang aktivitas masyarakat sudah ramai. Selain itu warung yang di depan objek sudah buka mulai pukul 05.30 Wita," katanya. Sehingga dia memastikan foto bule kembali ada yang viral adalah foto lama. Sementara itu pantauan di lapangan, Rabu pagi kemarin penjagaan di Objek Wisata Kayu Putih memang sudah berubah. Pagar telah dibangun baik dari sisi depan dan sisi selatan. "Setiap hari ada dua orang yang jaga, kalau yang jaga 3 orang di hari weekend (akhir pekan)," ujar salah satu penjaga Obyek Wisata Kayu Putih I Wayan Bagia alias Pak PO.

Wayan Bagia juga menyebutkan foto yang viral tersebut dipastikan kejadian lama. Sebab jika kejadian baru sudah tidak mungkin karena rutin dilakukan penjagaan.  "Bisa itu foto lama, karena kalau foto baru tidak mungkin, kita selalu pantau," tegasnya.

Menurutnya, wisatawan setiap hari yang mendatangi Wisata Kayu Putih tak begitu banyak. Kalau hari biasa hanya 20 orang, sementara weekend bisa sampai 50 orang per hari. Kemudian sistem masuk ke obyek wisata masih bersifat dana punia belum dibentuk tiket. "Wisatawan yang ke sini (Kayu Putih) banyak wisatawan asing seperti Rusia, Polandia, Belanda. Sedangkan yang wisatawan lokal sedikit," tandasnya.

Terpisah Kapolsek Marga AKP I Wayan Suta Arcana mengaku sudah mengetahui informasi bule viral yang berfoto tak senonoh di Kayu Putih melalui Humas Polres Tabanan. Untuk itu peristiwa ini akan dilakukan penyelidikan. "Kita masih lidik, untuk mengetahui data-datanya termasuk untuk mengetahui kapan foto itu dilakukan karena kan bisa mungkin itu foto lama, sebab sejak kejadian tahun lalu penataan dan penjagaan sudah diperketat di Kayu Putih," katanya. *des

Komentar