nusabali

Barca Tertekan Digebuk Vallecano

Xavi Akui Tak Mudah Menangkan Gelar LaLiga

  • www.nusabali.com-barca-tertekan-digebuk-vallecano

MADRID, NusaBali - Barcelona dibuat tak berdaya setelah kalah 1-2 dari Rayo Vallecano dalam laga pekan ke-31 La Liga 2022/2023, di Estadio de Vallecas, Kamis (27/4) dinihari WITA. Xavi Hernandez memaklumi kekalahan tersebut karena para pemain frustrasi dan tertekan.

Pada laga tersebut, gawang Barcelona kebobolan dua gol lebih dulu lewat Alvaro Garcia Rivera (19') dan Fran Garcia (53'), hingga Rayo Vallecano unggul 2-0. Barcelona hanya membalas satu gol melalui Robert Lewandowski pada menit ke-83. 

Pelatih Xavi Hernandez menyebutkan, Rayo Vallecano memberikan tekanan yang luar biasa sehingga para pemain Barcelona mengalami frustrasi. Menurut Xavi, pemain lawan sangat agresif dan intens menekan. Mereka tidak membiarkan timya bermain dan memainkan bola.
 
“Gol kedua telah menghukum kami. Rayo adalah pemenang yang layak karena memberikan tekanan yang mencekik," kata Xavi.

Statistik mencatat, Barcelona sebenarnya unggul segalanya atas Rayo Vallecano. Pasukan Xavi memiliki penguasaan bola mencapai 61 persen.

Barcelona juga tampil dominan dengan 10 tembakan yang lima di antaranya akurat. Namun Vallecano melepaskan sembilan peluang yang enam di antaranya tepat sasaran.

Xavi menyebutkan, kekalahan dari Rayo Vallecano merugikan Barcelona. Maklum, perburuan gelar masih panjang dan menyisakan banyak pertandingan.

"Kekalahan ini adalah pengingat betapa sulitnya memenangkan kompetisi LaLiga," kata Xavi.

Xavi mengaku mengingatkan anak asuhnya Rayo Vallecano merupakan lawan yang sulit. Xavi berkaca pada tiga pertemuan sebelumnya, yaitu Barcelona tidak mampu meraih satu kemenangan dan hanya meraih hasil satu kali seri dan dua kali kekalahan.

Barcelona tampil inkonsisten dalam lima laga terakhir di semua kompetisi. Setelah tersingkir dari semifinal Piala Spanyol usai kalah 0-4 dari Real Madrid, Barcelona hanya mampu membukukan satu kali menang, dua kali seri, dan satu kali kalah di LaLiga.

Dengan sisa tujuh pertandingan di LaLiga, Barcelona yang saat ini meraih 76 poin dan terpaut 11 poin dari Real Madrid masih berpeluang besar untuk mengunci gelar LaLiga. ant

Komentar