nusabali

Dishub Badung Siagakan Personel di Terminal dan Persimpangan Jalan

  • www.nusabali.com-dishub-badung-siagakan-personel-di-terminal-dan-persimpangan-jalan

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, belum ada tanda-tanda persiapan menyambut arus mudik di Terminal Mengwi. 

Arus Mudik Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah 

MANGUPURA, NusaBali
Suasana dalam terminal pun nyaris tidak berubah, sama seperti hari-hari normal. Apabila berkaca pada pengalaman sebelumnya, jauh-jauh hari pemerintah sudah menyiapkan posko lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Badung AAN Rai Yuda Dharma mengakui posko lebaran belum didirikan saat ini di Terminal Mengwi. Namun bukan berarti pemerintah tidak melakukan persiapan menghadapi  arus mudik.

“Dari hasil rapat koordinasi di Dishub Provinsi Bali, Kamis (9/6), kami di Badung hanya diminta menyiapkan petugas lapangan saja, berdasarkan permintaan dari Balai LLAJ SDP selaku yang punya kewenangan di terminal tipe A (Mengwi). Dan kami sudah mempersiapkan petugas untuk kami terjunkan di lapangan,” ujar Rai Yuda Dharma, Minggu (11/6).

Petugas Dishub yang dikerahkan berjumlah 30 orang. “Petugas ini kami persiapkan baik yang dalam terminal maupun di persimpangan yang menjadi arus mudik maupun arus balik nanti, seperti persimpangan Sempidi, Lukluk, Kapal, Beringkit, Mengwitani serta persimpangan lainnya yang nantinya bersifat situasional,” jelas Rai Yuda Dharma.

Namun demikian, apabila situasi di lapangan membutuhkan petugas yang lebih banyak maka pihaknya akan memperbantukan personel dari pos wilayah Kuta Selatan, dengan jumlah 150 orang.

Dikatakannya, tahun ini prediksi puncak arus mudik dari Bali atau Badung khususnya untuk tujuan kota-kota besar di seluruh Indonesia akan terjadi pada H-4 atau pada 22 Juni 2017. Sementara untuk arus balik diprediksi pada H+3 atau pada 1–2 Juli 2017.

“Untuk percepatan tugas Dishub Badung, sesuai hasil rapat di Provinsi Bali, maka kami besok (hari ini) akan melakukan koordinasi ke Balai LLAJ SDP dan pihak kepolisian. Termasuk untuk soal pembangunan pokos lebaran, kami akan berkoordinasi dengan pihak Polres Badung maupun pihak Polsek Mengwi,” tandasnya.

Di samping itu, demi aman dan lancarnya arus mudik lebaran, Rai Yuda Dharma mengimbau kepada para pemudik agar menjaga ketertiban berlalulintas di jalan raya. “Kami juga imbau masyarakat mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, dan mematuhi imbauan dari aparat kepolisian,” pesannya. * asa

Komentar