nusabali

Guru di Kecamatan Banjar Digenjot Penguatan Kompetensi

  • www.nusabali.com-guru-di-kecamatan-banjar-digenjot-penguatan-kompetensi

Puluhan guru dari 14 sekolah dasar yang ada di gugus III dan IV Kecamatan Banjar menjalani workshop penguatan kompetensi guru berbasis lesson study. 

SINGARAJA, NusaBali
Acara yang digelar dari tanggal 12-14 Juni menghadirkan sejumlah narasumber dari Undiksha Singaraja. Setelah kegiatan ini puluhan guru tersebut dapat memberikan pembelajaran yang inovatif di samping juga penguasaan teknologi di era digital.

Ketua Panitia Penyelenggara, Made Suarjana mengatakan, perjuangan seorang guru untuk mencetak anak-anak yang berprestasi tidak cukup hanya penguasaan materi pembelajaran di kelas, namun guru juga harus berupaya keras mengejar dan menyesuaikan diri dengan  teknologi yang ada sekarang ini. 

“Melalui konsep lesson study ini guru-guru dari masing-masing sekolah dapat berdiskusi dan bertukar pengalaman terkait proses pembelajaran dan yang menyangkut profesi mereka, sehingga tujuan akhir untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dapat tercapai,” ujar dia.

Selain itu selama tiga hari ke depan, guru-guru yang dibentuk dalam sebuah kelompok, akan dibiasakan untuk berkolaboratif dalam upaya meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Bahkan dalam workshop tersebut mereka akan mendapatkan pengetahuan tambahan bagaimana dalam komptensi TIK, kompetensi membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kompetensi melaksanakan pembelajaran inovatif dan kompetensi profesional dalam lima mata pelajaran inti di SD.

Berbagai materi itu diisi oleh dua narasumber yakni I Gede Margunayasa, SPd MPd dan I Made Citra Wibawa SPd, dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pendidikan Ganesha. Ke depannya Marguna pun menjelaskan akan dibentuk tim lesson study (TLS) di Kecamatan Banjar yang akan terus mensosialisasikan keberadaan lesson study di Kecamatan Banjar. “Jadi yang sekarang ikut ke depannya juga akan mengimbaskan ke guru-guru lainnya yang ada di Banjar,” ungkap dia.

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Pendidikan (UPP) Kecamatan Banjar Made Pastima yang hadir membuka acara tersebut mengapresiasi kegiatan yang difasilitasi oleh Undiksha SIngaraja. Pihaknya pun berharap melalui kesempatan itu guru-gurunya dapat mengikuti dengan serius, sehingga target yang ingin dicapai untuk pendidikan yang lebih baik di Buleleng dapat tercapai.

“Ini sangat bagus untuk meningkatkan kompetensi guru. Apalagi saat ini tuntutan menjadi seorang guru sangat kompleks, sehingga diharuskan menguasai dan memahami perkembangan terkini dalam memberikan pembelajaran inovatif kepada siswa,” tuntas dia. *k23

Komentar