nusabali

Partai Buruh Isi Penuh Kuota DCS DPRD Bali

  • www.nusabali.com-partai-buruh-isi-penuh-kuota-dcs-dprd-bali

DENPASAR, NusaBali.com – Partai Buruh Exco Bali berhasil mendaftarkan  bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Provinsi Bali pada  detik-detik terakhir di KPU Provinsi Bali pada Minggu (14/5/2023) malam.

Seharusnya, Partai Buruh Exco Bali sudah melakukan pendaftaran dan penyerahan berkas Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPRD Bali  ke KPU Bali pada pukul 16.00 Wita. Namun, fakta di lapangan Partai Buruh molor hingga pukul 21.00 Wita.

Executive Committee (Exco) Partai Buruh Bali, Gede Semara Bawa pun tak menampik hal itu dan menyampaikan alasan pihaknya mengalami keterlambatan dari jadwal yang sudah ditentukan.

“Sebenarnya tidak ada kendala, kami hanya mendapatkan hambatan sedikit dari Partai Buruh Pusat, penyampaian data sedikit terlambat. Tetapi sudah diagendakan di hari terakhir, memang jamnya agak molor sedikit. Tidak ada alasan khusus,” terangnya.

Lebih lanjut, setelah sempat terjadi keterlambatan pengurusan berkas di Partai Buruh Pusat, terjadi kesalahan penginputan dapil dan kekurangan komponen dalam berkas seperti tanpa cap dan tanda tangan.

Namun, kesalahan penginputan data ini dapat segera dituntaskan. Akhirnya, pada pukul 23.07 Partai Buruh Exco Bali bisa diterima karena sudah menuntaskan perbaikan.

Meski mengalami kendala pada saat proses pendaftaran, Gede Semara menerangkan pihaknya mendaftarkan sebanyak 55 bacaleg dan mengisi penuh di 9 dapil. Ia pun menargetkan, pihaknya bisa mengisi kursi di masing-masing dapil terkecuali di Kabupaten Tabanan.

“Semua dapil kami andalkan, kami berusaha mendapatkan suara yang terbaik di setiap kabupaten. Target masing-masing dapil terisi satu kecuali Tabanan, karena di Tabanan kami tidak ada Bacaleg,” bebernya.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan memastikan ke-18 partai politik yang berhak mendaftar Bacaleg sudah menyelesaikan tahapan pendaftaran, untuk selanjutnya dilakukan verivikasi administrasi.

“Selanjutnya kami akan melakukan verifikasi administrasi. Kami lihat kalau ada yang kurang atau apapun itu akan kami koordinasikan pada saat masa-masa perbaikan,” terangnya pada Senin (15/5/2023) dini hari. *ris

Komentar