nusabali

Bawa Bibit Ganja, Wisman Prancis Ditangkap

  • www.nusabali.com-bawa-bibit-ganja-wisman-prancis-ditangkap

Seorang wisatawan asal Prancis, Lambert Anthony Fabian, 23, tertangkap tangan oleh petugas Bea dan Cukai Ngurah Rai membawa 14 gram ganja dan 1 bungkus bibit ganja. 

MANGUPURA, NusaBali
Wisatawan tersebut ditangkap petugas di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional Ngurah Rai, di Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, Selasa (13/6) sekitar pukul 20.10 Wita. Dia pun langsung dikeler ke ruangan pemeriksaan untuk pendalamaan kasus.

Informasi yang dihimpun, penangkapan terhadap wisatawan yang terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia tujuan Bandara Ngurah Rai, ini terdeteksi setelah petugas menaruh curiga dengan benda terlarang yang melintas di mesin pemindai X-ray. Selanjutnya, eks penumpang pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH 0853 tersebut dibawa ke ruangan isolasi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dalam pemeriksaan itu, petugas mendapati dua paket yang berisi satu ganja siap pakai seberat 14 gram dan satu paket bibit ganja dari dalam tas milik wisatawan pemegang paspor nomor 15DA49631 ini. Dia menginjakkan kaki di Bali pukul 18.25 Wita.

Dirincikan oleh sumber yang meminta namanya tidak disebutkan ini, bahwa kecurigaan petugas terhadap wisatawan itu setelah dirinya mondar-mandir di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Ngurah Rai. Kecurigaan petugas bertambah setelah wisatwan tersebut dalam keadaan cemas saat mengantre sekitar pukul 19.10 Wita di konter pemeriksaan paspor Imigrasi. Sehingga, petugas yang terus memperhatikan gerak-geriknya melakukan pemeriksaan mendalam atas barang bawaannya. “Saat memasuki mesin X-ray itu, ada benda terlarang yang terlihat di dalam layar. Sehingga, wisatawan bersangkutan langsung diamankan untuk pendalaman. Kecurigaan petugas inipun terbukti setelah menemukan ganja dan bibitnya,” beber sumber, Rabu (14/6) malam.

Usai menemukan barang bukti, wisatawan tersebut dibawa ke ruangan khusus untuk pemeriksaan lanjutan. Barulah pukul 20.30 Wita, dia dibawa ke ruangan milik Kantor Wilayah Bea Cukai. 

Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Bali, NTB, dan NTT, Sarif Hidayat belum dapat dikonfirmasi hingga berita ini diturunkan. *dar

Komentar