nusabali

Roboh, Pohon Kepuh Keramat Porak porandakan Pura Dalem See

  • www.nusabali.com-roboh-pohon-kepuh-keramat-porak-porandakan-pura-dalem-see

Pohon Kepuh tua di areal Pura Dalem See, Desa Pakraman Prapat, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung mendadak roboh, Sabtu (26/12) pagi sekitar pukul 08.00 Wita. 

Paparan senada juga disampaikan sejumlah krama pangempon Pura Dalem See, Desa Pakraman Prapat. Menurut mereka, pohon Kepuh tersebut selama ini sangat dike-ramatkan. Pohon tua ini dipercaya ada penghuni niskalanya. “Karena itu, jarang ada war-ga yang berani melintas di sekitar pohon Kepuh ini saat malam hari, terutama setelah di atas pukul 21.00 Wita,’ ujarnya.

Sementara itu, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPBD) Klungkung telah kerjun ke lokasi bencana robohnya pohon Kepuh tua di Pura Dalem See, Desa Pakraman Prapat, Nujsa Penida, Minggu kemarin, Petugas BPBD Klungkung terjun untuk membantu warga setempat memotong-motong dan membersihkan batang pohon roboh.

“Tim Reaksi Cepat BPBD Klungkung yang diterjunkan ke Nusa Penida untuk bantu warga mengevakuasi pohon Kepuru roboh dari areal Pura Dalem See,” jelas Sekretaris BPPD Klungkung, I Dewa Gede Wisasta. 

Menurut Dewa Wisasta, petugas BPBD Klungkung yang diterjunkan ke lokasi musibah berjumlah belasan orang. Mereka kemarin bahu membahu dengan warga setempat membersihkan pohon roboh hingga petang sekitar pukul 18.00 Wita. “Proses pemotongan dan evakuasi patang pohon cukul sulit, karena ukurannya demikian besar,“ tandas Dewa Wisasta yang akrab dipanggil Dewa Bima. 

Penanganan pohon Kepuh tua roboh di areal Pura Dalem See ini dipantau khusus Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta. Kepada warga, Bupati Suwirta mengimbau mereka agar berhati-hati dan selalu waspada terkait ancaman bahaya pohon tumbang di musim hujan. “Kami juga sudah memerintahkan isntansi terkait termasuk BPPD untuk selalu awas dan waspada, terutama dalam tiga bulan ke depan,” jelas Bupati Klungkung pertama asal kawasan seberang Nusa Penida ini. 7 k17

Komentar