nusabali

OPD Tabanan Diminta Sumbang Buku ke Perpustakaan

  • www.nusabali.com-opd-tabanan-diminta-sumbang-buku-ke-perpustakaan

TABANAN, NusaBali - Untuk memperkuat kemampuan akses literasi, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya memeerintahkan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Tabanan menyumbang buku di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tabanan.

Sebagai awal, Bupati Sanjaya sudah menyumbang sejumlah koleksi buku yang dilaunching sebagai penanda awal agar OPD lain sudah bisa melakukan langkah nyata memperkuat akses literasi di Tabanan. 

Sumbang buku sudah dilakukan serangkaian dengan meresmikan Desa Tajen menjadi desa wisata beberapa waktu lalu. "Saya sumbangkan buku untuk bahan bacaan anak-anak SD kita. Tujuannya adalah memperkuat akses literasi," jelas Bupati Sanjaya. 


Terpisah Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tabanan Wayan Sugatra mengatakan kegiatan menyumbang buku ini bukan semata-mata tidak adanya anggaran. Namun bagain dari memperkuat akses budaya literasi di Tabanan. "Tiap tahun kita dianggarkan Rp 50 juta untuk memperbanyak koleksi," ujarnya, Minggu (30/7). 

Disebutkan koleksi buku diperbanyak untuk mengikuti perkembangan ilmu yang semakin luas. Sebab menurut Sugatra, ilmu itu sifatnya dinamis, jika tidak perbanyak koleksi perpustakaan tidak ada yang mengunjungi.  "Kami punya 37.000 koleksi buku dengan 12.000 judul. Lewat sumbang buku oleh OPD ini Pak Bupati berkeinginan semua pihak berkolaborasi, bersinergi agar masyarakat utamanya anak-anak dan kaum milenial tertarik untuk membaca," tegas Sugatra. 

Dia menambahkan buku yang bisa disumbangkan masing-masing OPD tak terbatas. Dinas Perpustakaan dan Arsip Tabanan siap menerima jenis buku apapun. "Pak Bupati juga tidak mematok jumlah buku. Jadi buku apapun dengan jumlah berapapun kami terima," tandasnya. 7des

Komentar