nusabali

Para-Bulutangkis Raih Empat Gelar di Inggris

  • www.nusabali.com-para-bulutangkis-raih-empat-gelar-di-inggris

JAKARTA, NusaBali - Tim nasional para-bulu tangkis Indonesia merebut empat gelar juara atau medali emas dalam kejuaraan 4 Nations Para Badminton International 2023, di Sheffield, Inggris, 2-6 Agustus. Dua dari empat gelar tersebut dipersembahkan pebulutangkis, Rina Marlina di tunggal putri dan ganda campuran SH6.

Di ganda campuran SH6, Rina berpasangan dengan Subhan. Dalam laga final, mereka sukses menghentikan perlawanan pasangan Inggris, Jack Shephard/Rachel Choong 21-19 dan 21-8. Di tunggal putri, Rina mengalahkan Nithya Sre Sumathy Sivan dari India, 21-17 dan 21-8.

Kemenangan di dua nomor itu, merupakan prestasi membanggakan bagi Rina. Sebab, dia menuntaskan kedua nomor itu dengan meraih gelar juara.

"Dalam kejuaraan kali ini, saya turun di dua nomor yakni tunggal putri dan ganda campuran. Lawan terberat di nomor tunggal berasal dari India sedangkan di ganda campuran berasal dari tuan rumah Inggris," kata Rina Marlina, Senin (7/8).

Perjuangan Rina untuk membawa pulang dua gelar juara itu, terbilang menantang. Lantaran dia harus bertanding dalam kondisi yang tidak prima. "Alhamdulillah, sangat puas dengan prestasi ini meski sedikit ada masalah karena saya mengalami sakit pinggang saat bertanding," kata Rina.

Sementara dua emas lagi, berasal dari ganda campuran SL3-SU5, Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila yang mengalahkan pasangan India, Pramod Bhagat/Manisha Ramadass 21-17 dan 21-17. Lalu tunggal putri SL3, Qonitah Ikhtiar Syakuroh yang mengalahkan Halime Yildiz dari Turki dengan skor 21-8 dan 21-8.

Selain empat medali emas, tim para-bulu tangkis Indonesia juga meraih tiga medali perak dan lima perunggu. Medali perak dari Fredy Setiawan (MS SL4), Leani Ratri/Khalimatus (WD SL3-SL4) dan Dheva Anrimusthi (MS SU5). Sedangkan lima perunggu diraih Suryo Nugroho (MS SU5), Hikmat Ramdani (MS SL4), Khalimatus Sadiah (WS SL4), Leani Ratri Oktila (WS SL4) dan Fredy S/ Khalimatus (XD SL3-SU5).

"Hasil di turnamen ini tentu sangat membanggakan, karena penampilan atlet lebih bagus dibandingkan saat latihan. Mereka lebih percaya diri dalam menghadapi setiap pertandingan. Setelah kejuaraan ini, kita akan menyiapkan program dan rencana untuk menghadapi turnamen selanjutnya," jelas Yunita Ambar Wulandari, pelatih para-bulu tangkis Indonesia.

Setelah tampil di Sheffield, selanjutnya kontingen para-bulu tangkis Indonesia akan kembali ke Solo untuk menjalani pemusatan latihan nasional. Atlet para-bulu tangkis Indonesia akan kembali berlaga di turnamen FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 yang akan diadakan di Solo, Jawa Tengah pada 4-10 September. k22

Komentar