nusabali

Tujuh Perenang Bali Berlaga di SEA Age

  • www.nusabali.com-tujuh-perenang-bali-berlaga-di-sea-age

JAKARTA, NusaBali - Tujuh perenang Bali dipersiapkan turun dalam ajang  SEA Age Group Swimming Championship di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta, 24-26 Agustus 2023.

Para perenang Bali akan bergabung dengan perenang dari daerah lainnya pada Rabu (23/8) untuk memperkuat Tim Indonesia. 

"Di SEA Age terbagi dua tim. Tim A berisikan para perenang yang juara I dan II di Festival Akuatik Indonesia (FAI) pada Juli 2023. Sementara perenang Tim B adalah perenang peringkat III ke atas," jelas Fatchur Rizal, pelatih pendamping perenang Bali, Selasa (22/8).

Perenang Bali yang berada di Tim A adalah Alegra Linette Sruy dan Lilly Kartina Beales. Sedangkan perenang Bali yang berada di Tim B yakni I Nyoman Gede Yajamana Swaha, I Gusti Bagus Pramana Daniswara, Rochelle Lizzy Setiawan, I Putu Kayana Natha Dharma dan Desak Nyoman Shiva Pradnyaswari Dewi.

Guna mengikuti SEA Age, kata Fatchur Rizal, para perenang Bali telah menyiapkan diri di Pulau Dewata. Mereka ada yang berlatih di klub masing-masing, ada pula yang berlatih di Pelatda untuk Popnas di Palembang pada 28 Agustus-1 September 2023.

Untuk itu, lima perenang Bali setelah mengikuti SEA Age langsung menuju ke Palembang. Pria yang juga menjadi pelatih klub renang Jatayu Swimming Club ini menyatakan, para perenang Bali diharapkan bisa mempersembahkan medali bagi Indonesia. "Semoga mereka bisa masuk tiga besar," imbuh Fatchur Rizal. 

Memang tidak mudah mencapainya, karena di sana mereka bakal bersaing dengan negara-negara kuat di Asia Tenggara seperti Singapura dan Vietnam. Namun, Fatchur Rizal optimis para perenang Bali mampu mewujudkan hal tersebut.

Sementara Wakil Ketua Umum Akuatik Indonesia, Harlin E Rahardjo menjelaskan, ajang 45th SEA Age Group Championship diikuti delapan negara ASEAN yakni tuan rumah Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam dan Kamboja. 

Sebagai tuan rumah, Indonesia memberanikan diri mengajukan terobosan. Yakni melombakan tiga cabang olahraga. Ada renang, polo air dan loncat indah. Ide tersebut mendapat dukungan dari negara lainnya. "Rencana ini sudah lama dibahas dan diputuskan pada rapat SEA Age di SEA Games Kamboja lalu. Semoga ke depannya tidak hanya tiga cabor, tapi lebih," papar Harlin.

Dengan mempertandingkan tiga nomor, lanjut Harlin, Indonesia menjadi pelopor sebagai negara pertama yang melombakan tiga cabor tersebut di SEA Age. "Nantinya akan ada hampir 600 atlet peserta yang akan hadir di Indonesia dengan rincian 410 atlet dari cabang renang. Kemudian sekitar 100 peserta polo air dan 65 peserta dari loncat indah," ucap Harlin. 7k22

Komentar