nusabali

Bupati Suwirta Hadiri Upacara Madiksa

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-hadiri-upacara-madiksa

Bertepatan dengan Rahina Purnama Sasih Kasa, Saniscara Wage Prangbakat, Sabtu (8/7) dilaksanakan Karya Diksa-Dwijati Ida Bagus Putu Arsana beserta Istri Ida Ayu Made Witari di Banjar Metulis, Desa Dawan Kaler, Kecamatan Dawan, Klungkung.

SEMARAPURA, NusaBali

Saat Karya ini dihadiri para sulinggih, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, serta Wakapolres Klungkung Kompol I Nengah Sadiarta serta puluhan undangan lainnya.

Ketua Prawartaka Karya, Ketut Mandia mengatakan, karya padiksan dilaksanakan berdasarkan SK PHDI Provinsi Bali No 08/SK/PHDI-KLK/VII/2017 tentang ijin Diksa/Dwijati. Melalui SK PHDI tersebut, Ida Bagus Putu Arsana mabiseka Ida Pedanda Oka Kemenuh serta sang istri Ida Ayu Made Witari mabiseka Ida Pedanda Istri Alit Kemenuh, Griya Gede Andakasa Giri Kemenuh.

Rangkaian upacara telah dimulai sejak 9 Juni 2017 lalu dengan kegiatan Nancep Taring, dilanjutkan dengan matur piuning pada 26 Juni, kemudian upacara mecaru, Mejauman, nuur tirta, ngaturang rsi bojana, mungkah lawang, mesiram dan puncaknya upacara padiksaan di rahina Purnama Sasih Kasa.

Saat ini Ida Pedanda Oka Kemenuh adalah guru di SDN 1 Dawan Kaler, Kecamatan Dawan, Klungkung dan akan pensiun 2 tahun lagi. Dalam karirnya, Ida Pedanda Oka Kemenuh sempat menjadi kepala sekolah di SDN1 Dawan Kaler. Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dalam kesempatan itu menyampaikan selamat kepada Ida Pedanda Oka Kemenuh serta Ida Pedanda Istri Alit Kemenuh karena telah didiksa dan seluruh rangkaian upacara telah berjalan lancar.

“Dengan upacara karya ini, berarti bertambah lagi satu sulinggih di Kabupaten Klungkung,” ujarnya. Bupati Suwirta berharap para sulinggih akan senantiasa menjadi penuntun dan penerang bagi warga dalam melaksanakan upacara maupun dalam menjali kehidupan sehari hari. *wa

Komentar