nusabali

Edukasi Murid TK Pungut dan Pilah Sampah Sejak Dini

Pj Ketua Dekranasda Bali Semangati Pelaku UMKM di Nusa Penida Festival

  • www.nusabali.com-edukasi-murid-tk-pungut-dan-pilah-sampah-sejak-dini

Ny Ida Mahendra Jaya berharap Nusa Penida Festival dapat terus berlanjut, dan menjadi wadah memperkenalkan produk UMKM serta mempromosikan Nusa Penida.

SEMARAPURA, NusaBali
Penjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny drg Ida Mahendra Jaya hadir dalam rangkaian Nusa Penida Festival hari kedua, di ajang Lomba Mewarnai Anak-anak TK, bertempat di GOR Sampalan, Nusa Penida, Klungkung pada Jumat (6/10). Selain itu, Ny Ida Mahendra juga menyemangati pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menggelar hasil produksi mereka di arena Nusa Penida Festival.

Pada kesempatan tersebut Ny Ida Mahendra yang didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta memberikan semangat kepada 157 murid TK yang mengikuti lomba mewarnai. Ny Ida Mahendra mengakui hasil mewarnai anak-anak di usia yang belia ini sangat bagus dan sesuai dengan tema, yaitu Segara Kerthi dengan Jalak Bali yang memang merupakan ciri khas dari Nusa Penida. Untuk itu, diharapkan dari lomba mewarnai tersebut anak-anak lebih mengenal lingkungan sekitar dan tentunya tumbuh menjadi anak yang berkarakter.

Usai meninjau lomba mewarnai, Ny Ida Mahendra mengunjungi stand UMKM yang menggelar hasil karya pada momen Nusa Penida Festival yang dilaksanakan pada 5–7 Oktober 2023. Ny Ida Mahendra selain bertegur sapa dengan pelaku UMKM, juga membeli produk UMKM setempat. Dia berharap Nusa Penida Festival dapat terus berlanjut dan menjadi wadah memperkenalkan produk UMKM serta mempromosikan Nusa Penida.

Sementara itu pada Sabtu (7/10), Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali menggelar kegiatan bertajuk ‘Pungut, Pilah, dan Buang Sampah pada Tempatnya’, di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, Denpasar. Ratusan murid TK Dharma Putra, Banjar Kedaton, Desa Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur, mendapat edukasi terkait kebersihan lingkungan sejak dini.


Foto: TP PKK Provinsi Bali menggelar kegiatan bertajuk ‘Pungut, Pilah, dan Buang Sampah pada Tempatnya’, di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, Denpasar, Sabtu (7/10). -IST

Kegiatan dipimpin oleh Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Bali Ida Setiawati Mahendra Jaya dan didukung TP PKK Kota Denpasar. Edukasi diisi dengan kegiatan pemungutan dan pemilahan sampah di seputaran lapangan.

Ny Ida Mahendra membimbing dan memberi contoh kepada anak-anak tentang cara menyapu yang baik, memasukkan ke tempat sampah hingga penggunaan penjepit sampah.

Selain itu, dia juga menekankan pentingnya upaya pemilahan sampah plastik dan organik. Ny Ida Mahendra mengutarakan rasa kagum saat melihat anak-anak yang masih sangat belia begitu semangat dan cekatan saat menyapu dan memungut sampah.

“Terima kasih anak-anak karena tadi sudah ikut bersih-bersih, menyapu dan memunguti sampah,” ucapnya usai kegiatan bersih-bersih.

Dia berharap, kebiasaan baik ini dilakukan pula di lingkungan rumah masing-masing. “Di rumah, harus rajin membantu orangtua ya,” pesannya.

Ny Ida Mahendra menambahkan, kegiatan ini digelar untuk mendukung program Pemprov Bali, khususnya yang berkaitan dengan penanganan sampah. Pelibatan anak TK menurutnya sangat penting karena budaya bersih mesti ditanamkan sejak dini.

Kegiatan edukasi diisi dengan ceramah singkat dari Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali I Made Teja. Dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak-anak, Made Teja mengajak mereka untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Caranya adalah dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Selain itu biasakan juga memisahkan sampah plastik dan organik,” ujarnya.

Edukasi yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi Bali Putu Anom Agustina diakhiri dengan pemberian bingkisan kepada anak TK yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. 7 cr78, bin

Komentar