nusabali

Usai Diperiksa, Minum Jamu dan Santap Pecel Bersama

Pasangan Ganjar-Mahfud Jalani Tes Kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta

  • www.nusabali.com-usai-diperiksa-minum-jamu-dan-santap-pecel-bersama

Hasil tes kesehatan secara keseluruhan dari semua pasangan calon akan diserahkan secara resmi kepada KPU RI setelah seluruh pasangan calon menjalani pemeriksaan

JAKARTA, NusaBali
Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Minggu (22/10) sore, selesai menjalani tes kesehatan di Medical Check-up RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Pemeriksaan itu berlangsung selama kurang lebih sembilan jam lamanya. Usai pemeriksaan kesehatan Ganjar-Mahfud menyambangi Media Center TPN Ganjar Presiden, kawasan Menteng, Jakarta. Di sana keduanya meminum jamu dan menyantap pecel bersama.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Albertus Budi Sulistya mengatakan pemeriksaan kesehatan tersebut selesai dilaksanakan oleh kedua pasangan calon pada pukul 16.15 WIB. “Sore hari ini pukul 16.15 WIB seluruh rangkaian pemeriksaan sudah dilaksanakan untuk Bapak Ganjar Pranowo dan Bapak Mahfud MD,” kata Budi.

Pasang Ganjar dan Mahfud tiba di RSPAD Gatot Soebroto pukul 07.07 WIB. Usai menjalani rangkaian tes kesehatan dari pagi sampai sore, Budi kemudian menyerahkan surat keterangan sebagai bukti bahwa pemeriksaan kesehatan terhadap keduanya telah selesai dilaksanakan.

“Saya akan serahkan bukti bahwa beliau berdua sudah selesai melaksanakan pemeriksaan dengan lengkap,” ujar Budi. Menurut Budi, usai pemeriksaan kesehatan, Tim Dokter RSPAD yang terlibat dalam pemeriksaan bacapres akan melakukan rapat pleno, yang kemudian hasil dari rapat pleno tersebut akan disampaikan secara lisan kepada KPU RI.

Adapun untuk hasil tes kesehatan secara keseluruhan dari semua pasangan calon akan diserahkan secara resmi kepada KPU RI setelah seluruh pasangan calon selesai menjalani pemeriksaan kesehatan. Setelah menerima bukti dokumen tersebut, Ganjar menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tim dokter dan pihak RSPAD Gatot Soebroto atas pelayanan pemeriksaan kesehatan yang dijalaninya berdua dengan Mahfud MD.

“Hadirin dan seluruh keluarga besar RSPAD, saya menyampaikan rasa terima kasih sejak tadi pagi kami dilayani dan dibawa ke sana-kemari. Dari pagi sampai sore saya bersama Pak Mahfud, dan Alhamdulillah sudah selesai tentu saja mudah-mudahan nanti insyaallah hasilnya baik,” kata Ganjar. Menurut Ganjar, dirinya dan Mahfud MD sudah menjalani paket pemeriksaan kesehatan yang lengkap, seperti pemeriksaan THT, penyakit dalam, kejiwaan, fisik, darah dan jantung. Ganjar berharap hasil pemeriksaan baik dan segera dikirimkan ke KPU RI sebagai persyaratan untuk mendaftar Pilpres Pemilu 2024.

Ia mengaku selama pemeriksaan tidak menemukan kendala, hanya berkeringat saja karena lari di treadmill. “Tidak ada kendala, saya kira semua berjalan sangat lancar, tadi kami sempat berkeringat saja karena treadmill,” ujar mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Sementara usai menjalani pengecekan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta, Minggu sore kemarin pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud meminum jamu dan menyantap pecel bersama di Media Center TPN Ganjar Presiden, kawasan Menteng, Jakarta. Mahfud yang mengenakan batik berwarna dominan hijau tiba pukul 16.30 WIB. Sementara itu, Ganjar yang menggunakan kemeja hijau dan jaket cokelat tiba sekitar 30 menit kemudian. Mereka menyantap hidangan tersebut bersama Ketua TPN Ganjar Presiden Arsjad Rasjid dan Wakil Ketua TPN Ganjar Presiden Andika Pratama sambil sesekali berbincang. Ganjar pun sempat menawari para wartawan untuk ikut makan. "Stop dahulu (merekam videonya, red.). Ayo makan! Makan!" ujar dia.

Foto: Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kedua kiri) memesan jamu saat kunjungannya di Media Center TPN Ganjar Presiden, Jakarta, Minggu (22/10). -ANTARA

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ri dan Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya mengatakan pemeriksaan tes kesehatan terhadap pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD masih sama seperti pemeriksaan kesehatan pasangan calon sebelumnya, atau tidak ada perubahan dari sisi materi, alat, metode serta tim yang dilibatkan.

Hasyim di Gedung Medical Check-UP RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu, mengatakan pemeriksaan kesehatan kali kedua ini merupakan kesempatan bagai pasangan bakal capres dan cawapres yang mendaftar diurutan kedua, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD. "Seperti hari pertama durasi kurang lebih sama, substansi sama, metode sama, tim dokter pemeriksaan juga sama," kata Hasyim. Sementara itu Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya juga menyebut pihaknya siap untuk menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan pasangan calon Ganjar- Manfud MD. "Perlu kami sampaikan materi pemeriksaan, tim pemeriksaan, alat pemeriksaan, rundown pemeriksaan persis sama," katanya.

Ia juga menyampaikan RSPAD tetap menyiapkan 50 dokter dengan latar belakang ilmu berbeda-beda, ditambah dua psikolog.

"Jadi tim dokter RSPAS, tim dokter utusan, BNN dan himpunan psikologi," kata dia. Sementara itu, pasangan bakal calon capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD tiba di MCU RSPAD Gatot Soebroto tiba pukul 07.00 WIB lebih. Diawali kedatangan Mahfud MD pukul 07.07 WIB dan Ganjar Pranowo didampingi istri pukul 07.08 WIB.

Pemandangan menarik saat keduanya datang, Manfud yang datang mengenakan batik melenggang seorang diri, tampak berbeda dengan Ganjar yang mengenakan kaos Polo warna putih datang sambil menggandeng sang istri yang mengenakan kemeja warna biru gelap. Keduanya tampak serasi, saat berjalan hanya melepas senyum dan sama kepada media yang menyapa.

Usai tiba di Gedung MCU RSPAS Gatot Subroto, kedua pasangan calon langsung memasuki ruangan untuk berganti pakaian pemeriksaan berupa piyama. Usai berganti pakaian menggunakan piyama warna hijau menyerupai warna dominan dinas TNI, Ganjar dan Mahfud menyapa wartawan dan melambaikan tangan ke arah media.

Di tangan keduanya terpasang gelang indetitas pasien yang menjalani pemeriksaan kesehatan berwarna putih. Ganjar Pranowo berusia 54 tahun, pernah menjabat dua periode sebagai Gubernur Jawa Tengah. Sedangkan Mahfud MD berusia 66 tahun, sudah beberapa kali menjadi menteri, saat ini Menkopolhukam, serta pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi, dan anggota DPR RI tahun 2008. 7 ant

Komentar