nusabali

DLH Anggarkan Biaya BBM Rp 0,5 M Lebih

  • www.nusabali.com-dlh-anggarkan-biaya-bbm-rp-05-m-lebih

BANGLI, NusaBali - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli mengalokasikan anggaran Rp 0,5 miliar lebih untuk pemenuhan bahan bakar minyak (BBM) truk pengangkut sampah. Tahun 2023, anggaran BBM capai Rp 1,4 miliar lebih.

Kepala DLH Bangli Putu Ganda Wijaya mengatakan jika berkaca dari kebutuhan anggaran BBM dan pelumas tahun 2023 sebesar Rp 1.401.971.113. Sementara di APBD 2024 baru teranggarkan sebesar Rp 774.681.250.

Lanjutnya, untuk pelayanan penangkutan sampah di dukung 11 unit armada truck angkut sampah dan 2 alat berat yang beroperasi di TPA Bangklet. "Untuk armada truck mengggunakan bahan bakar jenis solar, sedangkan untuk alat berat gunakan bahan bakar jenis dexlite,” ungkapnya, Rabu (10/1).

Mantan Kepala Bappeda Bangli ini menyebutkan sebagai bentuk transparansi, setiap dilakukan transaksi pembelian BBM harus didukung dengan bukti berupa struck pembelian. "Anggaran di APBD Rp 774 juta lebih. Jika terjadi kekurangan maka akan diajukan kembali. Seperti halnya di tahun 2023 ketika anggaran tidak mencukupi kita usulkan di perubahan,” kata pejabat asal Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli ini.

Seperti diketahui untuk harga BBM acap kali mengalami naik/turun. Disisi lain, terkait beberapa armada truk kondisi ban sudah menipis, Putu Ganda tidak menampik hal tersebut.

Pihaknya mengganti ban secara bertahap untuk keselamatan. Pada tahun ini DLH Bangli melakukan pengadaan 32 ban luar untuk truck. Sejatinya, melihat jumlah armada maka dibutuhkan 90 buah ban per tahunnya. "Karena ketersediaan anggaran tidak mencukupi maka pergantian dilakukan secara selektif ,” kata Ganda Wijaya.7esa

Komentar