nusabali

Music Celebration 2024, Libatkan 100 Musisi, Usung Misi Lingkungan

  • www.nusabali.com-music-celebration-2024-libatkan-100-musisi-usung-misi-lingkungan

Pergelaran Music Celebration akan menjadi acara yang terbesar dibanding penyelenggaraan sebelumnya.

DENPASAR, NusaBali - Rumah Tanjung Bungkak (RTB), Antida Music, Music Declares Emergency (MDE) Indonesia berkolaborasi untuk menggelar acara Music Celebration 2024, pada 27-28 Januari 2024 di RTB Denpasar. Bukan sekadar pesta musik, acara yang digelar untuk kelima kalinya sejak 2011 juga mengusung misi lingkungan. 

Penggagas Music Celebration sekaligus pemilik Antida Mudic, Anak Agung Anom Wijaya Darsana, mengatakan lebih dari 100 musisi akan tampil di tiga panggung berbeda dalam dua hari acara. Acara dibuka mulai pukul 16.00 Wita setiap harinya tanpa dipungut tiket masuk. 

Band nasional berbasis di Bali, Navicula, akan ditemani sejumlah musisi-musisi lainnya seperti Yuri Mahatma & Astrid Sulaiman, Gaya8rothers, Kanhaiya, Boogie Prastyo, Balawan, Adien, Fazmail Quartet, Kevin Suwandi, Sela Jaklime, Kristian Trio, dan Rason.  

“Saya buat acara ini sebagai perayaan tahun baru, karena pas malam tahun baru mereka sibuk manggung,” kata Anom Darsana saat temu media di RTB Denpasar, Rabu (24/1) sore. 

Anom Darsana mengatakan, pergelaran Music Celebration akan menjadi acara yang terbesar dibanding penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya. Pentas musik tidak akan pernah berhenti selama acara karena para musisi akan tampil bergantian di tiga panggung yang berbeda. 

“Panggung pertama namanya bunker, kedua backyard, dan ketiga stage yang didedikasikan untuk musik Jazz,” jelas pendiri Ubud Village Jazz  Festival. 

Pendiri MDE Indonesia Gede Robi atau Robi Navicula mengatakan, event kali ini akan digunakannya untuk terus membangun kesadaran lingkungan berkelanjutan, khususnya untuk para penggemar musik. Melalui Music Celebration ini, Robi ingin membuktikan bahwa festival musik juga bisa ramah lingkungan. 

Para pengunjung diharapkan membawa botol minum sendiri (tumbler) sebagai bentuk kampanye pengurangan sampah plastik yang membahayakan lingkungan. 

Menurut Robi kampanye lingkungan harus terus dilakukan dengan melibatkan sebanyak mungkin pihak. Melalui acara musik, masyarakat secara tidak langsung diajak membangun kesadaraan cinta akan lingkungan alam. 

“Ini bukan acara hiburan biasa, festival musik ke depan supaya semakin ramah lingkungan,” kata vokalis Navicula. 

Sementara itu Direktur RTB Rudolf Dethu mengatakan, kegiatan ini diharapkan semakin memantapkan eksistensi RTB sebagai sebuah creative hub. “Harapannya kita adalah sebuah wahana kreatif yang mencoba mengakomodir kegiatan kreatif,” kata Dethu. 

Dethu menyebut, Music Celebration 2024 menjadi deklarasi kolaborasi para musisi di Bali. 7 a

Komentar