nusabali

Event MICE Masih ‘Sepi’

  • www.nusabali.com-event-mice-masih-sepi

DENPASAR, NusaBali - Event MICE (Meeting, Insentif, Conference and Exhibition) masih ‘sepi’ saat ini. Bahkan kondisi ini diprediksi hingga 2-3 bulan ke depan. Event MICE perlahan mulai meningkat biasanya pada April dan bulan-bulan berikutnya.

“Terutama untuk MICE yang dilaksanakan oleh swasta,” ujar I Ketut Jaman, CEO PT Melali Bali MICE, Jumat (26/1).

Jaman mengatakan masih sepinya event MICE pada awal tahun diperkirakan karena perhitungan dari segi bisnis. Dia menyebut sebagian besar event MICE yang berskala besar, menengah ke atas, tentu memerlukan perencanaan yang lengkap. “Karena kalau swasta kan pure bisnis. Jadi hitung-hitungannya jelas bisnis,” jelas Jaman.

Namun demikian, untuk event MICE yang berskala kecil, masih jalan. Jaman menjelaskan katagori besar kecilnya event MICE, salah satunya didasarkan pada jumlah orang atau peserta. Untuk MICE skala kecil antara 100-200 orang. MICE skala menengah antara 300 orang sampai 500-an orang. Sedangkan event MICE skala besar di atas 500 orang peserta.

Sementara event MICE yang bertalian dengan Pemilu, lanjut Jaman, sejauh ini tidak banyak berdampak kepada event organizer (EO) atau pengelola MICE. Hal itu karena biasanya MICE yang digelar bertalian dengan Pemilu, kebanyakan ditangani langsung organisasi atau orsospol bersangkutan.

“Pemilik venue mungkin memperoleh dampak, karena venuenya digunakan. Namun usaha atau penyelenggara MICE tidak banyak memperolehnya,” kata Jaman. 7 k17

Komentar