nusabali

Bupati Suwirta Ajak Pebisnis Perangi Sampah Plastik

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-ajak-pebisnis-perangi-sampah-plastik

Kecepatan pertambahan volume sampah dan sulitnya penanganan sampah, terutama sampah plastic, membuat Pemkab Klungkung terus berinovasi menciptakan berbagai terobosan dalam penanggulangan sampah. 

SEMARAPURA, NusaBali
Setelah menyosialisasikan Bank Sampah dan metode Ecobrick, kali ini Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengajak sejumlah komponen pelaku bisnis yakni suplier, distributor barang, pemilik toko, swalayan dan bengkel untuk ikut andil dalam penanganan sampah. 

Hal itu dilakukan Bupati Suwirta saat rapat dengan sejumlah suplier, swalayan, bengkel, distributor, dan pemilik toko di Klungkung, di Ruang Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Selasa (25/7). Bupati Suwirta mengungkapkan berbagai program yang sudah dilaksanakan dalam upaya memerangi sampah non organik berupa plastik. Sampah plastik hasil dari produk makanan dan minuman ini paling banyak mengotori lingkungan dari perkotaan sampai ke pelosok desa. “Kali ini Pemkab akan mengajak pihak distributor, pemilik toko untuk ikut andil dalam memerangi penanganan sampah plastik,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menyampaikan akan membuat gerakan untuk memerangi sampah plastik ini dengan cara berburu sampah plastik. Nantinya dikumpulkan di masing-masing toko dengan berbagai jenis sampah. Langkah singkat itu diharapkan adanya suatu kesadaran memerangi sampah. “Hal seperti ini tidak boleh hanya sehari dilakukan, bila perlu setiap hari sehingga Kabupaten Klungkung bisa bersih dari sampah,” harap Bupati Suwirta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung AA Kirana mengatakan pertemuan ini merupakan langkah awal untuk mengajak semua pihak dari kalangan suplier, swalayan, bengkel, distributor, dan pemilik toko agar bersama-sama memerangi sampah plastik seperti paparan yang sebelumnya disampaikan Bupati Suwirta. Pihaknya juga akan melibatkan semua komponen masyarakat, sekolah untuk bergerak bersama-sama berburu sampah, sehingga bisa terkumpul jenis sampah yang paling banyak ditemui. “Mari bersama-sama ikut memerangi dan menjaga kebersihan terutama penangganan sampah plastik,” harapnya. *wa

Komentar