nusabali

Selain PDIP, Suwirta Juga Dijajaki Hanura

  • www.nusabali.com-selain-pdip-suwirta-juga-dijajaki-hanura

Bukan hanya PDIP yang incar kandidat incumbent Nyoman Suwirta untuk diusung se-bagai Calon Bupati (Cabup) Klungkung ke Pilkada 2018.

SEMARAPURA, NusaBali

Hanura juga sama, bahkan telah mendatangi Nyoman Suwirta, incumbent yang kini masih menjabat Bupati Klungkung 2013-2018, di ruang kerjanya, Rabu (26/7). Rombongan Hanura yang mendatangi Nyoman Suwirta di Kanor Bupati Klungkung, Rabu kemarin, dipimpin langsung Ketua DPC Hanura Klungkung I Wayan Suyasa. Ikut dalam rombongan adalah Sekretaris DPC Hanura Klungkung I Nyoman Suastika, Bendahara DPC Hanura Klungkung I Wayan Buda Parwata, dan seluruh anggota Fraksi Hanura DPRD Klungkung.

Bocoran yang diperoleh NusaBali, pertemuan tersebut merupakan bagian upaya Hanura untuk menggaet Suwirta sebagai Cabup Klungkung ke Pilkada 2018. Pasalnya, dalam proses penjaringan di internal Hanura, 19-31 Juli 2017, partai yang didirikan Wiranto ini juga putuskan menjajaki figur non kader, selain menjaring kader sendiri.

Figur non kader yang dijajaki Hanura, antara lain, Suwirta (kader Gerindra), Ketut Mandia (kader PDIP), dan Made Wijaya (kader Golkar). “Sedangkan kader internal yang didorong Hanura adalah Ni Made Suastini, penyanyi Pop Bali yang beken dengan panggilan Dek Ulik,” jelas sumber tersebut.

Saat dikonfirmasi NusaBali, Rabu kemarin, Ketua DPC Hanura Klungkung Wayan Suyasa menyatakan kedatangannya menemui Suwirta hanya sebatas beraudiensi dengan Bupati. Dalam kesempatan itu, pihaknya memperkenalkan jajaran pengurus baru DPC Hanura Klungkung. “Kami mensupport Pemkab Klungkung dan sekaligus mengkritisi jika ada program pemerintah yang melenceng,” papar Wayan Suyasa.

Suyasa membantah pertemuan kemarin menyinggung masalah koalisi ke Pilkada Klungkung 2018. Menurut Suyasa, pembicaraan normal-normal saja. Pihaknya juga menyampaikan tentang agenda kegiatan temu kader di Balai Budaya Ida I Dewa Agung Istri Kanya, Semarapura, 6 Agustus 2017 depan, yang akan dihadiri langsung Ketua Umum DPP Hanura Oesman Sapta Odang.

Sementara itu, Bupati Suwirta mengakui dalam pertemuan kemarin, pihak Hanura memperkenalkan jajaran pengurus DPC yang baru. Hanura juga mengudang Suwirta selaku Bupati Klungkung untuk hadir saat kegiatan Rakerda Hanura dan temu kader di Balai Budaya nanti. “Intinya saya bicara santai saja. Seperti lagunya Gema Santi, mari bergandengan tangan, kita bersama-sama tersenyum,” jelas Bupati Klungkung yang diusung Gerindra ini.

Di sisi lain, Ketua DPC Gerindra Klungkung Wayan Baru mengaku sudah dapat pem-beritahuan dari Suwirta terkait pertemuan dengan Hanura. Pihaknya menyambut baik, sepanjang parpol bersangkutan mengedapankan kepentingan masyarakat daripada kepentingan politiknya. “Itu (penjajakan Hanura) sah-sah saja, kami dari Gerindra menyambut baik,” tegas Ketua DPRD Klungkung ini.

Ditanya jika partai lain ingin menggaet Suwirta, menurut Wayan Baru, pihaknya tidak berani terlalu menekan. Karena, semua kembali ke hak masing-masing. “Kalau kami tekan Pak Suwirta, ternyata beliaunya berpaling bagaimana?  Saya kira Pak Suwirta tidak seperti itu-lah,” katanya.

Yang jelas, lanjut Baru, DPC Gerindra Klungkung sudah berkoordinasi dengan DPD Gerindra bali dan DPP Gerindra bahwa rekomendasi Cabup-Cawabup Klungkung ke Pilkada 2018 sudah turun untuk pasangan incumbent Nyoman Suwirta-Made Kasta (Paket Suwasta). “Mudah-mudahan tidak ada permasalah, kita tetap akan usung Paket Suwasta, karena keduanya kan murni dari Gerindra,” tandas Baru.

Sebelumnya, PDIP juga diisukan lirik Suwirta sebagai Cabup Klungkung. Jika berhasil menggaet Suwiurta, PDIP akan sodorkan kadernya sebagai Cawabup Klungkung. Ada tiga kader PDIP yang disiapkan sebagai tandem Suwirta di posisi Cawabup: I Wayan Sutena, Tjokorda Gde Agung, dan I Ketut Mandia. *wa

Komentar