nusabali

Warga Enggan Laporkan Indikasi Pungli

  • www.nusabali.com-warga-enggan-laporkan-indikasi-pungli

Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Klungkung menggelar rapat evaluasi di gedung Nusa Penida Harapan, Mapolres Klungkung, Kamis (27/7) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali

Rapat membahas sejumlah program yang sudah berjalan sejak November 2016 lalu, termasuk kendala maupun strategi ke depan yang mesti ditempuh untuk memberantas pungli.

Kepala Pelaksana I Tim Saber Pungli Klungkung Kompol I Nengah Sadiarta mengatakan, pertemuan tersebut untuk membahas mengenai persoalan yang dihadapi oleh masing-masing kelompok kerja (pokja) sejak tim ini terbentuk. Salah satu kendala yang dihadapi masih nihilnya pengaduan dari masyarakat kepada Tim Saber Pungli terkait menemukan kasus pungli. “Belum ada warga yang mengadu ke sini,” ujar pria yang juga Waka Polres Klungkung ini.

Kata dia, masyarakat masih enggan malapor kalau di sekitar mereka ada perbuatan yang mengarah kepada perbuatan indikasi pungli. Sehingga pengungkapan kasus pungli di Klungkung saat ini hanya berdasarkan penyelidikan dari Pokja Intelijen. Kedepannya, Tim Saber Pungli Pemkab Klungkung pun melakukan perubahan strategi. Tim Satgas sepakat untuk memindahkan sekretariat dan nomor hotline pengaduan ke Kantor Inspektorat Pemkab Klungkung. “Semoga kedepannya masyarakat berani memberikan informasi kepada kami jika mengetahui ada perbuatan pungli,” ujarnya.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai pemetaan lokasi rawan pungli Klungkung, terutama lokasi publik. Di antaranya sekolah, terminal, tempat parkir, kantor Dinas Perizinan dan lainnya. “Tim intelijen terus menginvestigasi, sementara belum ditemukan bukti yang cukup, itu ini perlu proses,” katanya. Pihaknya juga akan melakukan langkah pencegahan pungli. *wa

Komentar