nusabali

Bersihkan Reservoar, Pelayanan PDAM akan Terganggu

  • www.nusabali.com-bersihkan-reservoar-pelayanan-pdam-akan-terganggu

Setelah pelanggan PDAM Tirta Mangutama di sebagian wilayah Mengwi dan Kuta Utara terganggu karena ada perbaikan jaringan, kini giliran pelanggan di sebagian wilayah Petang dan Abiansemal mengalami hal yang sama.

MANGUPURA, NusaBali
Ini karena PDAM sedang melakukan pembersihan reservoar. Dengan adanya pembersihan tersebut, setidaknya dalam dua hari kedepan pasokan air bersih akan mengalami gangguan. Selama pembersihan reservoir, pipa induk akan distop sementara. Pihak PDAM sendiri telah mengeluarkan imbauan kepada para pelanggan yang kena dampak.

Direktur Umum PDAM Tirta Mangutama Badung Ida Ayu Eka Dewi Wijaya menyampaikan, pembersihan reservoar merupakan kegiatan rutin tiap tiga bulan sekali. “Pembersihan ini juga bagian dari menjaga kualitas air sebelum didistribusikan ke masing-masing pelanggan,” katanya, Kamis (27/7) kemarin.

Menurut rencana gangguan pelayanan akan terjadi pada Jumat (28/7) ini untuk Kecamatan Petang. Wilayah yang terdampak meliputi Banjar Wanasari, Sulangai, Wana Kaling, Abang dan sekitar. Pelayanan diperkirakan normal kembali pada Sabtu (29/7) besok.

Selanjutnya untuk Kecamatan Abiansemal pengurasan reservoar akan dilakukan pada Sabtu (29/7). Wilayah yang terganggu meliputi Desa Grana, Desa Sangeh, Desa Blahkiuh, Desa Abiansemal dan sekitarnya. Air diperkirakan kembali  normal pada Minggu (30/7). “Di Abiansemal itu kita kuras dan lakukan pembersihan di reservoar yang ada di Tanah Uwuk (Desa Sangeh, red),” ungkapnya.

Selama pengurasan reservoar, terang Dayu Eka, aliran air ke pipa induk akan ditutup sementara. Sehingga praktis air ke masing-masing pelanggan akan mati total selama proses pembersihan berlangsung.

“Kami mohon maaf, karena selama kegiatan berlangsung distribusi air akan ditutup total. Jadi air ke pelanggan akan mati,” ungkapnya. Terkait hal ini pihaknya juga mengimbau pelanggan bagi daerahnya yang terkena imbas untuk menampung air secukupnya.

Sama dengan penyetopan suplai air sebelumnya, PDAM telah menyiapkan enam mobil tangki untuk membantu memasok air bagi pelanggan yang membutuhkan. Masyarakat tinggal berkoordinasi saja dengan pihak PDAM jika kebutuhan air sangat mendesak, seperti sedang ada upacara keagamaan dan lain sebagainya. *asa

Komentar