nusabali

PMI Jembrana Bantu Pipanisasi di Pancardawa

  • www.nusabali.com-pmi-jembrana-bantu-pipanisasi-di-pancardawa

NEGARA, NusaBali - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) menyalurkan bantuan pipanisasi kepada kelompok masyarakat penyedia air bersih Merta Jati di Lingkungan Pancardawa, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Selasa (30/4). Total sebanyak 750 pipa diserahkan dengan nilai bantuan mencapai Rp 89.175.000.

Bantuan itu menjadi bagian dari program Disaster Response Emergency Fund (DREF) dari PMI. Program itu pun bertujuan mengatasi masalah kekeringan, termasuk dalam hal peningkatan kualitas serta kuantitas penyaluran air bersih yang dikelola oleh masyarakat dan ditujukan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Ipat yang juga Wakil Bupati Jembrana berharap bantuan pipanisasi ini dapat membantu masyarakat. Khususnya masyarakat Lingkungan Pancardawa agar bisa memperoleh air bersih yang lebih baik. "Saya harapkan bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama. Sehingga masyarakat dapat memperoleh air bersih yang berkualitas," ucapnya.

Ipat juah meminta kepada anggota kelompok untuk menjaga dan memelihara bantuan yang telah diterima. Agar penyaluran air bersih kepada anggota kelompoknya dapat dinikmati berkelanjutan. "Saya minta agar bantuan ini dapat dipertanggungjawabkan. Jaga dan pelihara secara baik agar bisa memberikan manfaat yang lama," tegas Ipat.

Sementara Ketua Kelompok Merta Jati Nyoman Nuarga mengungkapkan, instalasi pipa air yang sudah ada saat ini belum dapat menyalurkan air bersih secara maksimal kepada 30 anggota kelompoknya. Oleh sebab itu, adanya bantuan pipanisasi ini diharapkan bisa menjadi solusi. 

"Jarak sumber air ke rumah masyarakat kurang lebih 4 kilometer. Sekarang sudah ada pipa air. Tetapi karena ukuran pipa yang lama kecil jadi kurang maksimal. Dengan bantuan ini nanti akan diganti dengan yang lebih besar," ucapnya.

Nuarga mengatakan, pemasangan pipa bantuan ini akan dikerjakan secara bergotong-royong dan akan segera digarap. "Pengerjaan swadaya oleh anggota kelompok dibantu oleh PMI Kabupaten Jembrana. Nanti untuk perawatan dan pemeliharaan akan dirawat oleh seluruh anggota kelompok," ujarnya.7ode

Komentar