nusabali

Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk Lengang

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus

  • www.nusabali.com-pelabuhan-ketapang-gilimanuk-lengang

NEGARA, NusaBali - Situasi lalu lintas keluar-masuk Bali di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, Jembrana, lengang pada momen libur panjang Hari Kenaikan Yesus Kristus tahun 2024. Meski ada sedikit lonjakan untuk arus masuk Bali, namun penyeberangan dari Ketapang ke Gilimanuk masih berjalan lancar.

Sesuai data yang diterima NusaBali, lonjakan arus masuk Bali bertalian libur panjang ini sudah terlihat sejak H-1 Kenaikan Yesus Kristus, Rabu (8/5). Saat H-1 itu, tercatat ada 23.909 orang penumpang dengan total 5.949 unit kendaraan yang menyeberang dari Ketapang ke Gilimanuk.

Arus penumpang maupun kendaraan dari Ketapang ke Gilimanuk itu pun meningkat pada hari H, Kamis (9/5). Selama 24 jam pada hari H itu, jumlah penumpang yang masuk Bali mencapai sebanyak 26.899 orang penumpang dengan total 6.190 unit kendaraan. 

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Syamsudin, saat dikonfirmasi Jumat (10/5), mengatakan jika dibandingkan hari normal, ada peningkatan arus masuk Bali. Terutama jenis kendaraan mobil pribadi. Namun peningkatan arus dari Ketapang masih tergolong landai sehingga tidak sampai memicu antrean ataupun penumpukan di pelabuhan. 

"Ada peningkatan untuk yang ke Bali, namun tidak signifikan. Sampai hari ini situasi di Ketapang juga masih sepi seperti hari-hari biasa," ujar Syamsudin.

Dalam menghadapi lonjakan tersebut, masih diterapkan pola layanan normal. Namun, Syamsudin mengaku ada tambahan kapal yang beroperasi sejak Rabu lalu. Dari normal 26 kapal, ada 27 kapal yang dioperasikan pada Rabu lalu dan sempat ditambah menjadi 29 kapal pada Kamis lalu. 

"Kami tetap lakukan antisipasi. Ada malam ini juga akan meningkat. Namun prediksi kami tidak akan sesignifikan seperti libur Natal dan Tahun Baru. Artinya dengan armada yang ada saat ini sudah sangat mendukung," ujar Syamsudin.7ode

Komentar