nusabali

Teco : Tanpa Penonton Untungkan Lawan

Duel Bali United vs Persib Dipindah di Pantai Purnama

  • www.nusabali.com-teco-tanpa-penonton-untungkan-lawan

Yang pasti mereka (Persib) diuntungkan. Fokus saat ini tentu harus kerja keras di latihan dan pertandingan untuk bisa punya peluang lolos ke babak final.

GIANYAR, NusaBali
Bali United mengalami situasi sulit jelang Championship Series BRI Liga 1 2023/2024. Ya, duel Bali United kontra Persib Bandung pada Selasa (14/5) malam, pindah lokasi dari Stadion Kapten I Wayan Dipta ke Bali United Training Center di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar. Laga tersebut pun diharuskan tanpa penonton, dan dinilai menguntungkan lawan.

"Kami tetap berusaha dapat bermain di tanah Bali dan diperbolehkan menggunakan training center kami walau tanpa penonton," Chief Executive Officer (CEO) Bali United FC Yabes Tanuri di Gianyar, Jumat (10/5). Pelatih Bali United, Stefano 'Teco' Curruga tidak memungkiri terkait situasi sulit terhadap kondisi anak asuhnya yang akan bermain tanpa dukungan suporter di kandang. Teco menilai, pertandingan tersebut akan menguntungkan lawan dan timnya akan bekerja sangat keras. 

"Meski situasi sulit, pasti kita dari tim Bali United tetap semangat. Ya pasti, kita sudah punya banyak pengalaman di liga Indonesia untuk bisa menghadapi situas ini," kata Teco. Pelatih asal Brasil ini pun hanya memegang kunci utama yang diberikan kepada anak asuhnya agar tetap fokus dengan situasi kurang mengenakan tersebut. "Yang pasti mereka (Persib) diuntungkan. Fokus saat ini tentu harus kerja keras di latihan dan pertandingan untuk bisa punya peluang lolos ke babak final," kata Teco.

Pemindahan lokasi pertandingan itu karena Stadion Kapten I Wayan Dipta masih menjadi tempat utama pelaksanaan Piala Asia Putri U17 yang berlangsung pada 6-19 Mei 2024. Manajemen Bali United sudah berusaha meminta pengecualian dari AFC untuk pertandingan di Stadion Dipta.

Namun, laga semifinal Bali United melawan Persib tetap dilaksanakan di Pulau Dewata meski berbeda lokasi. Operator Liga 1 2023/2024 telah menginformasikan pemindahan lokasi itu kepada kedua klub.

Ada pun pemusatan latihan klub dengan julukan Serdadu Tridatu itu dipilih sebagai lokasi pertandingan menjamu klub Maung Bandung karena memenuhi standar kompetisi berdasarkan hasil penilaian risiko (Risk Assessment) dari Mabes Polri. Di sisi lain, tempat latihan dari Serdadu Tridatu itu juga digunakan menyelenggarakan penyisihan grup Piala Asia Putri U-17. 

Suporter yang sudah membeli tiket, kata Yabes Tanuri, pihaknya akan mengembalikan dana kepada para pembeli tanpa potongan. Yabes tetap berharap dapat didukung dengan doa dan dukungan dari lokasi menonton masing-masing.

Laga Bali United vs Persib Bandung dijadwalkan pada 14 Mei 2024 pukul 19.00 WIB atau 20.00 Wita di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar yang berjarak sekitar 10 kilometer dari Stasion Dipta. Laga leg kedua berlangsung pada hari Sabtu (18/5) di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Ada empat tim yang lolos Championship Series, yakni pemuncak klasemen Borneo Samarinda dengan 70 poin, disusul Persib 62 poin, Bali United 58 poin dan Madura United dengan 55 poin. Pemenang dari hasil keempat laga tersebut akan bertemu di babak final pada Minggu (26/5) dan Jumat (31/5) malam. Sedangkan perebutan peringkat ketiga pada Sabtu (25/5) dan Kamis (30/5) malam. dar

Komentar