nusabali

Antari Jaya Negara : Literasi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Dari Gebyar Literasi di Kecamatan Denpasar Timur

  • www.nusabali.com-antari-jaya-negara-literasi-tingkatkan-kesejahteraan-masyarakat
  • www.nusabali.com-antari-jaya-negara-literasi-tingkatkan-kesejahteraan-masyarakat

DENPASAR, NusaBali - Kegiatan literasi di masa kini tidak hanya sebatas gerakan membaca saja, namun pemanfaatannya bisa dikolaborasikan dengan aksi lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Hal ini ini disampaikan Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny Sagung Antari Jaya Negara didampingi Ketua DWP Kota Denpasar, Ny Ida Ayu Widnyani Wiradana saat meninjau pelaksanaan Gebyar Literasi yang digelar Kecamatan Denpasar Timur, di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) di Desa Penatih, Sabtu (11/5). 

“Literasi masa kini bukan sebatas baca dan tulis saja, namun harus bermanfaat dan berdaya guna untuk dapat menghasilkan karya bernilai ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan,” kata Antari Jaya Negara. 

Istri dari Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara ini juga berharap, kegiatan literasi dapat dilakukan secara masif dan menyeluruh di kalangan masyarakat. Baik dari kalangan pendidik, orang tua hingga para Bunda Literasi di tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga kota / kabupaten, yang akan memotori gerakan dan program guna meningkatkan minat literasi di Kota Denpasar.

Ketua Panitia kegiatan yang juga Bunda Literasi Kecamatan Denpasar Timur, Ida Ayu Karang Sujani menjelaskan, kegiatan literasi yang bertajuk ‘Aksi Kolaborasi Literasi Untuk Kesejahteraan’ ini diramaikan oleh sejumlah aksi, antara lain Literasi Keuangan, Literasi Permainan Tradisional dan juga Literasi Anti Bullying di Sekolah. Setidaknya, lebih dari 100 orang siswa dari tingkatan PAUD - TK, SD hingga SMP mengikuti kegiatan ini.

“Para siswa yang hadir pada Gebyar Literasi kami libatkan dalam permainan tradisional, dan juga interaksi serta diskusi tentang anti bullying. Untuk orang tua siswa yang mengantar, kami ajak untuk dapat mengikuti Literasi Keuangan yang membahas seputar informasi terkait produk keuangan, dengan narasumber dari tim Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” jelasnya. 

Sementara itu, Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati di lokasi yang sama menyebut, pihaknya tak hentinya berupaya untuk dapat memfasilitasi kegiatan pemberdayaan masyarakat salah satunya literasi untuk kesejahteraan ini. 

“Jajaran Kecamatan Dentim memiliki komitmen untuk mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat, baik yang berhubungan dengan literasi, pendidikan maupun kegiatan lainnya. Hal ini kami fokuskan agar kesejahteraan masyarakat dapat terwujud secara merata,” ucap Karyawati@mis

Komentar