nusabali

Demokrat-NasDem Karangasem Jajaki ‘Koalisi Biru’

Wirawan Daftar Cabup di Partai NasDem

  • www.nusabali.com-demokrat-nasdem-karangasem-jajaki-koalisi-biru

AMLAPURA, NusaBali - Ketua DPC Demokrat Karangasem yang juga anggota DPRD Bali I Komang Wirawan mendaftar sebagai bakal Calon Bupati (Cabup) Karangasem di Sekretariat DPW Partai NasDem Bali di Jalan Cok Agung Tresna 25 Denpasar, Selasa (14/5) siang.

Usai mendaftar, Wirawan kemudian menemui Penasihat Partai NasDem Karangasem I Gusti Made Tusan, didampingi anggota DPRD Karangasem terpilih periode 2024-2029 I Made Parnawa dan I Putu Adi Tanaya di Amlapura. Akankah ‘Koalisi Biru’ akan terbentuk antara NasDem dan Demokrat di Pilkada Karangasem 2024?

Kedatangan Wirawan di DPW Partai NasDem Bali diterima Ketua DPD NasDem Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri. Usai mendaftar kepada NusaBali dia mengatakan keseriusannya untuk maju di Pilkada Karangasem, 27 November 2024 nanti. "Saya siap jadi Cabup maupun Cawabup," ujar anggota DPRD Karangasem dari PNI (2009-2014) anggota DPRD Bali dari Demokrat (2019-2024) dan terpilih lagi untuk periode 2024-2029 ini.

Politisi asal Banjar Tongtongan, Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, Karangasem ini pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 meraih 30.932 suara dan secara keseluruhan Partai Demokrat di Karangasem meraih 64.686 suara sah. "Keberadaan Partai Demokrat sangat signifikan, untuk memenangkan paket Calon Bupati-Calon Wakil Bupati Karangasem di Pilkada Karangasem, 27 November mendatang," ujarnya.

Dia menambahkan Kecamatan Kubu sebagai penentu kemenangan. Dia pun yakin minimal kemenangan di Kecamatan Kubu sebesar 75 persen yang merupakan jumlah pemilih terbesar kedua di Karangasem. Selama kepemimpinan Wirawan, juga mampu menaikkan kursi Demokrat yang cukup fantastis di DPRD Karangasem, yakni dari 2 kursi jadi 6 kursi di Pileg 2024. 

6 kursi tersebut diraih I Gede Agung Puspada (incumbent) dari Dapil Karangasem III Kecamatan Manggis dengan 2.362 suara, I Wayan Suparta (incumbent) dari Dapil Karangasem IV Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang dan Kecamatan Sidemen dengan 4.925 suara, I Ketut Sulandra (new comer) dengan 5.663 suara dan I Putu Adi Tanaya (new comer) dengan 3.026 suara dari Dapil Karangasem I Kecamatan Karangasem. Lalu I Made Parnawa (new comer) dari Dapil Karangasem II Kecamatan Bebandem dengan 1.923 suara, dan I Made Tarsi Ardipa (new comer) dari Dapil Karangasem V Kecamatan Kubu dengan 2.806 suara.

"Jadi 64.686 suara sah dari Partai Demokrat ini sebagai modal awal menuju kemenangan di Pilkada Karangasem 2024," kata Wirawan. Wirawan berharap akan terwujud koalisi biru, antara Partai NasDem yang telah mengusung I Gusti Putu Parwata sebagai bakal Cabup Karangasem dengan Partai Demokrat. "Di Pilkada Karangasem 2020, Parta NasDem juga berkoalisi dengan Partai Demokrat, kali ini kita ulangi lagi dengan planning yang lebih baik buat kemajuan Karangasem," tambahnya.

Sementara Ketua DPD NasDem Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan sebelum terjadi pertemuan, pihaknya telah intensif melakukan komunikasi secara informal dengan Demokrat. "Memang kami dari Partai NasDem ada kecocokan dengan Partai Demokrat, sama-sama partai biru, bukan tidak mungkin kami berkoalisi, harapannya seperti itu, seperti di Pilkada Karangasem 2020," jelas Mas Sumatri, yang juga lolos sebagai anggota DPRD Bali dengan 26.034 suara ini. 

Partai NasDem di Pileg 2024 hanya meraih 5 kursi di DPRD Karangasem, turun dari 9 kursi sebelumnya dengan perolehan 41.395 suara sah. Sehingga jika Partai NasDem dengan 5 kursi berkoalisi dengan Partai Demokrat dengan 6 kursi, total 11 kursi atau 24,44 persen. Sedangkan syarat dukungan minimal 20 persen atau 9 kursi dari 45 kursi DPRD Karangasem. 7 k16

Komentar