nusabali

31 Calon Haji Silaturahmi ke GMT (Gerakan Masyarakat Terpadu)

  • www.nusabali.com-31-calon-haji-silaturahmi-ke-gmt-gerakan-masyarakat-terpadu

AMLAPURA, NusaBali - 31 calon haji menggelar acara silaturahmi ke GMT (Gerakan Masyarakat Terpadu) Karangasem di bawah koordinasi Penasihat GMT I Gusti Made Tusan, di Jro Subagan, Jalan Ahmad Yani, Amlapura, Selasa (14/5) sore.

Calon haji yang hadir dikoordinasikan, Ketua Pelaksana Penyelenggara Haji dan Umrah KarangasemH Ahmad Sadat Kadar Usman SHi, bersama pendamping calon haji M Sahid, turut hadir anggota DPRD Karangasem H Marjuhin.

Pihak tuan rumah yang menerima rombongan calon haji, Penasihat GMT I Gusti Made Tusan, mantan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dan penasihat hukumnya AA Parwata. "Ini acara rutin, setiap tahun, sebelum menjalani ibadah haji, calon haji bersilaturahmi ke rumah di Jro Subagan," jelas I Gusti Made Tusan.

Tujuan utama adalah menjaga kedekatan hubungan baik sejak lama, antara umat muslim dengan keluarga I Gusti Made Tusan. "Tentu saja, saya turut mendoakan, agar perjalanan selama di tanah suci diberkati keselamatan, kesehatan hingga tuntas menjalani ibadah haji, dan kembali dalam keadaan selamat pula," tambah I Gusti Made Tusan.

Sang istri I Gusti Ayu Mas Sumatri, juga turut mendoakan, agar selalu diberkati kesempatan dan kesehatan lahir dan bathin. Apalagi selama di tanah suci, dengan cuaca panas, hingga 41 derajat celsius, yang memerlukan kondisi tetap sehat. "Kan telah menjalani tes kesehatan, dan semuanya dinyatakan sehat lahir dan bathin," katanya.

H Ahmad Sadat Kadar Usman mengatakan, rombongan calon haji berangkat ke Surabaya, Rabu (29/5), menginap semalam kemudian tebang ke Jeddah Jumat (31/5). Selanjutnya dari Jeddah naik bus ke Makkah. "Prosesi naik haji di Makkah, selama 42 hari," katanya.

H Ahmad Sadat Kadar Usman mengingatkan, cuaca di Makkah bisa mencapai 45 derajat, tetapi dari segi kesehatan semua calon haji sehat lahir dan bathin, dan telah menjalani tes kesehatan.

Calon haji Sri Sunarni yang berangkat bersama suaminya Suyatno mengaku mendaftar naik haji tahun 2013. "Kami menunggu 11 tahun untuk bisa berangkat naik haji," jelas Sri Sunarni.

Calon haji lainnya Rajiah yang juga berangkat bersama suaminya Makmul Hayat, juga mendaftar sebagai peserta haji tahun 2013. "Kami total membayar naik haji Rp 60,5 juta, itu sudah dapat subsidi dari pemerintah," kata Rajiah, calon haji dari Lingkungan Karangsokong, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem.7k16

Komentar