nusabali

Bupati Tamba Hadiri Diksa Pariksa di Griya Mambal

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-hadiri-diksa-pariksa-di-griya-mambal

NEGARA, NusaBali - Bupati Jembrana I Nengah Tamba menghadiri pelaksanaan diksa pariksa di Griya Mambal, Banjar Taman, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Rabu (15/5). Calon Ida Pedanda yang menjalani diksa pariksa, Ida Bagus Putu Parwata,66, beserta istri Ida Ayu Kade Tirtawati,62.

Diksa pariksa menjadi salah satu satu rangkaian untuk mempersiapkan calon diksa secara fisik maupun mental sebelum didwijati sebagai sulinggih. Rencananya, upacara dwijati atau padiksan Ida Bagus Parwata bersama istrinya ini akan dilaksanakan bertepatan Purnama Sadha pada Buda Wage Menail, Rabu (22/5). 

Dalam sambutanya, Bupati Tamba mengatakan, upacara Rsi Yadnya Padiksan Madeg Ida Pedanda ini, tentunya telah melalui proses yang sesuai dengan sastra agama Hindu. Pihaknya pun berharap upacara Padiksan ini dapat berjalan lancar. "Karya Rsi Yadnya ini pasti sudah didasarkan pada tuntunan sastra agama Hindu, bhisama leluhur, kesepakatan keluarga besar Griya Mambal. Yang tentunya dituntun oleh Ida Pedanda Nabe selaku yajamana dan guru suci," ucap Bupati Tamba.

Menurut Bupati Tamba, menjadi seorang Sulinggih tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Sebagai orang suci tentunya juga memiliki tanggung jawab sangat berat. Bupati Tamba berharap prosesi Padiksaan ini dapat terlaksana dengan baik sehingga nantinya sang Sulinggih dapat berperan sebagai penuntun umat Hindu dan memberikan pelayanan yang baik dalam berbagai pelaksanaan upacara Yadnya.

"Saya mengucapkan selamat. Semoga bisa menjadi penuntun dan pelayan umat se-Dharma, menjalankan dan melestarikan tatwa, filsafat, upacara agama Hindu dan dresta adat budaya Bali dalam melaksanakan panca yadnya," ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Untuk diketahui, proses diksa pariksa di Griya Mambal ini dilaksanakan melalui Dharma Ghosana Dharmopadesa. Selain keluarga dan braya griya, acara diksa pariksa ini tampak dihadiri puluhan Ida Pedanda di Jembrana serta Ida Pedanda dari sejumlah griya di wilayah Bali.7ode

Komentar