nusabali

Sekda Adi Arnawa Buka Sosialisasi IKON

  • www.nusabali.com-sekda-adi-arnawa-buka-sosialisasi-ikon

MANGUPURA, NusaBali - Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung membuka Sosialisasi Ingatan Kolektif Nasional (IKON), Kamis (16/5).

Kegiatan yang digelar di The Trans Resort Bali, Jalan Sunset Road, Kerobokan, Kuta Utara, itu akan berlangsungg hingga, Jumat (17/5) hari ini.

Adi Arnawa atas nama pemerintah mengapresiasi terlaksananya sosialisasi IKON yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Kegiatan ini, katanya, bisa digunakan sebagai pintu masuk dalam rangka menambah perbendaharaan potensi-potensi pariwisata. Menurutnya, Bali secara umum dan khususnya Badung hidup dari pariwisata, sehingga bagaimana caranya agar wisatawan banyak datang ke Bali. Sebab hal itu akan membawa dampak yang multi dimensional, baik pada masyarakat termasuk juga PDRB dan pertumbuhan ekonomi.

“Maka berangkat dari itu kita pelan-pelan harus melakukan diversifikasi pariwisata yang selama ini kita masih mengunggulkan aspek budaya secara luas dan saat ini sudah mulai ada pergeseran, seperti mengarah ke sport tourism, medical tourism. Terbukti pemerintah pusat dapat membangun rumah sakit, karena Bali memiliki daya tarik yang luar biasa, karena orang mau datang ke Bali, di samping berlibur mereka ingin dapat yang lain, yang lebih lagi, ini potensi yang luar biasa,” ujar jelas Adi Arnawa.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili Pustakawan Utama selaku Komite IKON Ahmad Masykuri, mengatakan Sosialisasi IKON merupakan satu dari Tiga Program Perpustakaan Nasional RI untuk mengupayakan agar naskah nusantara menjadi bagian yang penting bagi kehidupan masyarakat pemilik kebudayaannya. “Kami berharap semua naskah kuno yang menjadi warisan budaya bangsa, yang sangat bernilai penting bagi identitas Indonesia, dapat dikenal luas oleh masyarakat, tidak menjadi wacana yang terpinggirkan,” ujarnya. @ ol3

Komentar