nusabali

Hajar Tyson Fury, Usyk Rebut Gelar Juara Kelas Berat Sejati

  • www.nusabali.com-hajar-tyson-fury-usyk-rebut-gelar-juara-kelas-berat-sejati

RIYADH, NusaBali - Petinju Oleksandr Usyk dari Ukraina menghajar Tyson Fury untuk merebut gelar juara kelas berat sejati pada duel sengit di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (19/5) pagi WITA. Usyk mengakhiri duel selama 12 ronde dengan kemenangan angka 115-112, 114-113 dan juri ketiga memberi angka kemenangan kepada Fury, 113-114.

"Ini kesempatan besar bagi saya, untuk keluarga saya, untuk negara saya. Ini waktu yang tepat, hari yang menyenangkan dan saya siap untuk pertandingan ulang," ujar Usyk, usai duel.

Usyk tetap tak terkalahkan, bergabung dengan rekor petinju lain seperti Muhammad Ali, Joe Louis dan Mike Tyson sebagai juara kelas berat sejati, yang pertama sejak tinju mengakui empat sabuk utama pada dekade 2000-an.

Dengan kemenangan itu, mantan juara kelas penjelajah yang tak terbantahkan tersebut dapat secara sah mengklaim dirinya sebagai yang terbaik dari era kelas berat ini. Meskipun pada pertandingan ulang yang diharapkan pada Oktober dapat memberikan hasil lain.

Kemenangan ini membuat Usyk merusak rekor tak terkalahkan Fury dalam 36 pertarungan yang dijalaninya. Lalu Usyk kian mempertajam rekor tak terkalahkannya dengan mencatatkan 22 kemanngan (14 KO) dalam 22 pertarungan.

Dalam duel itu, Usyk menguasai ritme duel hingga ronde keempat dengan membawa Fury harus mengikuti tempo serangan cepat. Usyk melepaskan dua pukulan di ronde kelima dan tertangkap dengan hook kiri saat Fury terlihat nyaman dengan gaya permainan yang memanfaatkan postur tinggi badan.

Di ronde kesembilan, Usyk nyaris membuat KO Fury, usai melepaskan hook kiri yang menghantam wajah dan membuatnya goyah namun bel ronde berbunyi menghentikan momentum yang diperoleh.

Memasuki ronde ke-12, kedua petinju masih saling berbalas pukulan tanpa mengendurkan tempo namun tak ada yang benar-benar mampu membuat KO lawan. Pertarungan berakhir dengan keputusan juri yang menetapkan Usyk sebagai pemenang. ant

Komentar