nusabali

Parwata Terima Audiensi MDA Badung

  • www.nusabali.com-parwata-terima-audiensi-mda-badung

MANGUPURA, NusaBali - Ketua DPRD Badung Putu Parwata menerima audiensi Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Badung, Senin (20/5).

Audiensi ini menjadi media untuk menyampaikan aspirasi dan sejumlah usulan untuk mendukung kemajuan MDA. Pada prinsipnya, Parwata meminta agar fungsi desa adat dioptimalkan terhadap perkembangan situasi di masing-masing desa.

Dari aspirasi yang disampaikan tersebut, Parwata menyatakan masukan dari MDA sangat rasional dan logis terhadap perkembangan situasi di masing-masing desa adat di Kabupaten Badung. “Secara umum saya mengingatkan agar fungsi desa adat dioptimalkan dalam situasi sekarang ini yang sedang berkembang di tiap desa. Terutama dengan percepatan pertumbuhan tamu, terutama tamu asing di masing-masing wilayah. Ini harus dijaga agar peranan desa adat bisa maksimal di seluruh Kabupaten Badung,” ujar Parwata.

Menurut Parwata, MDA Badung juga menyampaikan sejumlah usulan kepada DPRD Badung. Pertama, mengusulkan adanya tempat berkumpul masyarakat dalam bentuk wantilan di MDA Kabupaten Badung. “Itu kami dorong percepat proposalnya untuk kami kawal,” kata politisi PDIP asal Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara ini.

Sementara usulan kedua, MDA Badung juga membutuhkan fasilitas tambahan, termasuk kebutuhan operasional Majelis Alit di kecamatan hingga desa. “Mereka membutuhkan fasilitas seperti kendaraan dan bensin yang memang urgent untuk pelayanan masyarakat, baik MDA Kabupaten maupun Majelis Alit di kecamatan dan desa. Kami mendorong agar pemerintah Kabupaten Badung memberikan perhatian untuk memfasilitasi kebutuhan ini,” imbuh Parwata.

Sedangkan usulan ketiga, MDA Badung juga berharap pemerintah dapat memberikan pertimbangan untuk memberikan insentif kepada staf MDA, pengurus Majelis Alit, dan pengurus desa. “Yang terakhir, mereka juga ingin mendapatkan dukungan untuk pengembangan adat, termasuk melakukan studi komparasi ke Badui atau suku Dayak untuk menambah wawasan mereka,” sebut Parwata.

Sekretaris DPC PDIP Badung itu menegaskan, DPRD Kabupaten Badung berkomitmen untuk mendukung penuh apa yang menjadi kebutuhan adat. “Kami sangat mendorong dan akan memfasilitasi apa yang mereka harapkan. Kebersamaan kami di pemerintahan Kabupaten Badung adalah kunci untuk mendukung perkembangan dan pelestarian adat di wilayah ini,” kata Parwata. @ ind

Komentar