nusabali

Komisi IV DPRD Karangasem Cek RSUD

  • www.nusabali.com-komisi-iv-dprd-karangasem-cek-rsud

AMLAPURA, NusaBali - Komisi IV DPRD Karangasem, dipimpin Ketua Komisi I Komang Rena, mengecek pelayanan di RSUD Karangasem. Mulai dari penggunaan BPJS Kesehatan, kondisi gizi, alat kesehatan, kondisi ruang pasien dan lain-lain.

“Kami datang mengecek sejauh mana pelayanan di RSUD Karangasem guna meminimalkan memunculkan keluhan,” jelas Ketua Komisi IV I Komang Rena, yang dalam kunjungannya diterima Kepala Bidang Pelayanan RSUD dr I Komang Wirya di Ruang IRG RSUD Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Senin (20/5).

I Komang Rena menanyakan, mengenai pelayanan pasien gunakan BPJS, kemudian mengecek keberadaan gizi di dapur RSUD, berlanjut ke beberapa sal tempat merawat pasien, kondisi tabung oksigen, dan keberadaan alat kesehatan.

Hadir anggota DPRD Karangasem Ni Kadek Weisya Kusmia Dewi dari Fraksi Gerindra, I Gusti Putu Eka Mulyawan dari Fraksi Catur Warna, I Ketut Mangku dari Fraksi Catur Warna, I Nyoman Mardana Wimbawa dari Fraksi Partai Golkar dan lain-lain.

Selama melakukan kunjungan dapat masukan dari Kabid Pelayanan I Komang Wirya menyangkut keberadaan CT scan, perlu ditambah agar lebih optimal pelayanannya. Hanya saja biaya pengadaan CT (computerized tomogradhy) scan cukup besar, sehingga perlu diperjuangkan di DPRD Karangasem. Walau RSUD Karangasem telah menjadi Badan Layanan Umum sejak tahun 2010, tetapi belum bisa mengadakan CT scan, karena biayanya mahal. hal itu direspons I Komang Rena. “Kami akan perjuangkan di DPRD,” tambah I Komang Rena.

Anggota Komisi IV I Gusti Putu Eka Mulyawan dan Ni Kadek Weisya Kusmia Dewi, juga berjanji mengawal pengadaan alat kesehatan itu. I Komang Wirya mengatakan, CT scan sangat penting, untuk mendeteksi penyakit, terutama mendiagnose gangguan otot pada tulang, seperti tumor tulang, patah tulang, kanker, penyakit jantung dan paru-paru, struck, serta pendarahan di otak yang dialami korban kecelakaan lalulintas.

“CT scan juga bisa digunakan untuk menentukan lokasi penyakit, memudahkan melakukan tindakan, selain untuk membantu proses operasi,” jelasnya. Kabid Pelayanan I Komang Wirya mengapresiasi, kedatangan Komisi IV DPRD Karangasem untuk mencari tahu pelayanan di RSUD, serta hal-hal yang perlu diperjuangkan, guna menyempurnakan pelayanan.

“Banyak hal ditanyakan, salah satunya keberadaan CT Scan. Sebenarnya sudah ada CT scan, masih berfungsi jika DPRD mau bantu lagi, bagus juga,” jelas Komang Wirya. CT Scan katanya alat kesehatan paling vital kegunaannya, untuk menentukan kondisi pasien, sehingga memudahkan petugas  medis melakukan diagnose.7k16

Komentar