nusabali

Kendaraan Tempur dan Taktis Siaga di Venue KTT WWF

  • www.nusabali.com-kendaraan-tempur-dan-taktis-siaga-di-venue-ktt-wwf

MANGUPURA, NusaBali - Bali International Convention Center (BICC) yang menjadi lokasi inti kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10 mendapat pengamanan super ketat.

Prajurit TNI Kodam IX/Udayana yang merupakan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) mengerahkan kendaraan tempur (Ranpur) dan kendaraan taktis (Rantis) di sekitar lokasi. 

Dansubsatgas Pengamanan Tempat Kegiatan, Kolonel Arh Teguh Waluyo dikonfirmasi, pada Senin (20/5) mengatakan bahwa pihaknya melakukan pengamanan di seluruh venue selama berjalannya KTT WWF. Dikatakan ada beberapa vene yang mendapat pengamanan ketat selain BICC seperti Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), objek wisata Garuda Wisnu Kencana, dan kawasan mangrove Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai.

"Kami menerjunkan ratusan personel yang terbagi menjadi 4 kelompok untuk mengamankan lokasi atau venue kegiatan di Kawasan BICC, BNDCC, GWK dan Tahura. Dikarenakan venue di BICC ini adalah lokasi inti, maka kita juga menyiagakan belasan Ranpur dan Rantis untuk mengamankan VVIP apabila terjadi chaos (kekacauan) atau hal-hal yang tidak kita inginkan," jelasnya. 

Upaya pencegahan gangguan keamanan kata Kolonel Teguh Waluyo dilakukan sejak H-5 kegiatan. Pihaknya telah melaksanakan patroli-patroli keamanan di sekitar lokasi kegiatan. Sub Satgas pengamanan tempat kegiatan juga telah berkoordinasi dengan semua pihak terkait, baik itu dari penyelenggara acara, Event Organizer (EO), Paspampres, hingga management tempat kegiatan, guna meyakinkan keamanan.

"Kami mengharapkan semua kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan terkendali, sehingga dapat menjadikan Bali sebagai cerminan keamanan di Indonesia. Selain itu, kami juga berharap agar masyarakat di Bali dapat mendukung kegiatan KTT WWF, sehingga seluruh rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses, lancar dan aman," harapnya.

KTT WWF ke-10 telah resmi dibuka Presiden Joko Widodo kemarin pagi yang digelar di BICC. Sebelum pembukaan terlebih dahulu presiden melakukan penyambutan para Kepala begara yang hadir untuk kemudian bersama-sama mengikuti opening ceremony di Mangapura Hall BICC. 

Pada hari yang sama dilakukan Opening Fair & Expo World Water Forum ke-10. Selanjutnya parliamentary meeting yang digelar di Pecatu 3 dan 5 BNDCC. Usai pertemuan-pertemuan tersebut para kepala negara, delegasi dan peserta WWF berkunjung ke Kawasan mangrove (Tahura) I Gusti Ngurah Rai. Rangkaian kegiatan hari ketiga ditutup dengan cultural parade di Bali Collection. 7 pol

Komentar