nusabali

Madura United Keluhkan VAR

  • www.nusabali.com-madura-united-keluhkan-var

JAKARTA, NusaBali - Pemain senior Madura Unite, Bayu Gatra yang mengelukan kepemimpinan wasit dan kekurangan Video Assisten Referee (VAR).

Dia menilai kepemimpinan wasit yang dibantu VAR harus lebih baik lagi di masa depan. Bayu mengatakan, meski secara keseluruhan VAR membantu kinerja wasit namun ada hal yang masih perlu dikoreksi.

Pemain yang sudah tujuh musim bersama Madura United menilai, wasit masih lamban dalam mengambil keputusan khusu saat melakukan komunikasi dengan wasit asisten Referee VAR.

"Jadi, wasit itu terlalu lama komunikasinya sehingga pertandingan pun ikut terhenti lama. Kita kan pemain sepak bola, jika berhenti lama maka akan berpengaruh besar. Kalau komunikasi lamnya, dan kemudian ada keputusan, dan kita kehilangan fokus gara-gara itu, bisa berakibat fatal," kata Bayu Gatra, Kamis (23/5)

"Jadi, komunikasi antara wasit tengah dan asisten wasit VAR itu harus cepat. Dan tentunya, harus adil juga, jangan sampai pelanggaran yang dibuat lawan tidak di cek di VAR. Terjadi pelanggaran, ya dua tim itu harus mendapat porsi yang sama. Semoga kedepannya dengan adanya VAR ini, setiap pertandingan berjalan dengan baik," tambah Bayu Gatra.

Senada dengan Bayu Gatra, pelatih Semen Padang FC, Hendri Susilo juga menilai keberadaan VAR akan sangat membantu tugas wasit dalam memutuskan sebuah pelanggaran sehingga dua tim yang bertanding tidak akan ada yang dirugikan.

Selain itu, keberadaan VAR menurut Hendri Susilo merupakan langkah maju dari federasi dalam hal ini PSSI untuk memajukan sepakbola Indonesia melalui pertandingan yang kompetitif.

Pria yang pernah menukangi Persiraja Banda Aceh ini berharap VAR kedepannya bisa digunakan dalam setiap pertandingan di Liga 1 sehingga tidak ada lagi hal-hal negatif yang diperbincangkan khususnya kinerja wasit setelah pertandingan berakhir.

"Saya merasa keberadaan VAR ini sebagai langkah maju dari PSSI. Contoh di Championship, dengan adanya VAR tidak ada lagi hal-hal yang lain yang bisa mengganggu jalannya pertandingan. Misalkan, protes pemain terhadap wasit terbilang minim ya sejak adanya VAR ini," tutur Hendri Susilo.

"Saya harap, Liga 1 Musim depan itu VAR dipergunakan dalam setiap pertandingan. Liga 1 mempunyai pertandingan yang ketat sehingga memerlukan keputusan wasit yang tepat juga. Nah, dengan keberadaan VAR ini, tugas wasit setidaknya terbantu ketika harus memutuskan pelanggaran-pelanggaran yang krusial," kata Hendri Susilo. ant

Komentar