nusabali

Sumardi Daftar Cabup di Demokrat

Ambisi Ulangi Kejayaan Bupati Geredeg

  • www.nusabali.com-sumardi-daftar-cabup-di-demokrat

AMLAPURA, NusaBali - Sekretaris DPD II Partai Golkar Karangasem sekaligus juga Wakil Ketua DPRD Karangasem I Nengah Sumardi, mendaftar sebagai bakal calon Bupati di Sekretariat DPC Partai Demokrat, Jalan Diponegoro, Karangasem, Rabu (22/5). Sumardi berambisi mengulangi kejayaan Bupati I Wayan Geredeg periode 2005-2010 dan 2010-2015. Sumardi sendiri merupakan politisi senior yang merupakan adik kandung dari Geredeg.

Sumardi blak-blakan mengaku menggalang berbagai jalur untuk mewujudkan ambisi politik sebagai Bupati Karangasem 2024-2029 kelak. Caranya kata Sumardi, dengan mengalang kekuatan Pasemetonan PSAK (Pretisentana Sira Arya Kanurahan), jalur relawan dan nyamabraya. “Cara itu pernah sukses memenangkan jabatan Bupati Karangasem di Pilkada Karangasem 2005 dan tahun 2015,” kata politisi asal Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, ini.

Saat mendaftar di DPC Demokrat, Sumardi diterima Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Bupati Karangasem dari Partai Demokrat, I Wayan Suparta didampingi Wakil Ketua Made Parnawa, Wakil Ketua DPC Bidang Humas I Gede Arya Adnyana dan fungsionaris lainnya. Sedangkan Sumardi didampingi anggota DPRD Karangasem I Nyoman Rena, I Nyoman Mardana Wimbawa, Wakil Ketua DPD II Partai Golkar Karangasem, I Wayan Sekep.

Partai Golkar di Karangasem hanya memiliki 8 kursi dewan hasil Pemilu 2024, sehingga belum cukup untuk mengusung bakal calon Bupati/Wakil Bupati Karangasem, sehingga perlu berkoalisi dengan parpol lain. Hal ini membuat Sumardi mendaftar di Partai Demokrat yang memiliki 6 kursi.

Dengan berkoalisi, Golkar diharapkan bisa memenuhi syarat minimal 20 persen (minimal 9 kursi,red) dari 45 kursi di DPRD Karangasem. Jika Partai Golkar berkoalisi dengan Partai Demokrat maka akan membukukan 14 kursi.

Sebelumnya tiga figur telah mendaftar di Partai Demokrat Karangasem. Mereka adalah I Wayan Pandu Prapanca Lagosa, I Wayan Warka dan I Gusti Putu Parwata alias Gus Par. “Nanti setelah figur kami jaring, baru memulai proses," ujar Ketua Tim Penjaringan Cabup-Cawabup Partai Demokrat Karangasem,” Suparta. k16

Komentar