nusabali

Tak Bahas Rekomendasi Calon Kepala Daerah

  • www.nusabali.com-tak-bahas-rekomendasi-calon-kepala-daerah

DENPASAR, NusaBali - Perhelatan Rakernas (Rapat Kerja Nasional) V PDI Perjuangan (PDIP) bakal membahas strategi menghadapi Pilkada 27 November 2024 mendatang.

Meskipun membahas Pilkada, urusan rekomendasi calon kepala daerah tidak masuk dalam agenda pembahasan.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPP PDIP/Korwil Bali, I Made Urip saat dihubungi NusaBali, Jumat (24/5). Urip menyebutkan, Komisi yang membidangi Pilkada akan mengumpulkan para kader partai untuk membahas strategi pemenangan Pilkada 2024. “Bahas strategi pemenangan Pilkada 2024. Tetapi tidak membahas rekomendasi dan figur calon yang akan diusung. Kalau rekomendasi kan sepenuhnya kewenangan Ibu Ketua Umum,” ujar Urip.

Urip yang juga anggota Fraksi PDIP DPR RI 5 periode ini mengatakan, DPP PDIP menargetkan kemenangan di Pilkada 2024. Sehingga Rakernas menjadi ajang pematangan dan merapatkan barisan. “Apa strateginya, itu dapur internal kita. Yang jelas kita mau menang di Pilkada 2024. Kita evaluasi hasil pemilu 2024 kemarin, kemudian dirumuskan langkah pemenangan Pilkada dengan bercermin dari Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden,” beber politisi asal Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan ini.

Untuk Pilkada di Bali baik Pilgub maupun Pemilihan Bupati dan Walikota, kata Urip belum ada dilahirkan rekomendasi. “Yang jelas kader diminta pendekatan dengan rakyat karena kita partai rakyat. Masih jauh Pilkadanya, nanti jelang pendaftaran calon pasti dikeluarkan rekomendasinya,” ujar Urip.

Ketika ditanya sudah ada muncul paket-paket calon untuk Pilgub Bali dari internal PDIP seperti paket Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati  alias Cok Ace (Koster-Ace) maupun Wayan Koster-Nyoman Giri Prasta (Koster-Giri) Urip mengatakan itu kocok-kocokan. “Ah, itu test on the water, cek ombak kayak gitu, belum final semua,” ujar Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian dan kelautan ini. 

Selain akan membahas peta Pilkada, kata Urip dalam Rakernas juga membahas posisi partai di pemerintahan yang baru, yakni pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. “Apakah kita ada di pemerintahan atau di luar koalisi, itu poin penting pembahasan di Rakernas,” ujar Urip. 7 nat     

Komentar