nusabali

Kebun Warga Dukuh Terbakar

  • www.nusabali.com-kebun-warga-dukuh-terbakar

Kebakaran berawal dari pemilik kebun bersih-bersih lanjut membakar sampah. Namun api menjalar ke semak-semak karena tiupan angin kencang.

AMLAPURA, NusaBali
Lahan kebun seluas 1 hektare milik I Nyoman Reken di Banjar Caniga, Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, Karangasem, Jumat (24/5) pukul 14.00 Wita, terbakar. Pemadaman api bisa ditangani secara manual hingga tak sampai membakar hunian warga.

Warga yang melaporkan kebakaran kepada Perbekel Dukuh, I Gede Suarsana. Selanjutnya, Perbekel I Gede Suarsana mengajak masyarakat menangani secara swadaya agar kobaran api tidak menjalar mendekati pemukiman. Kata Perbekel I Gede Suarsana, api telah mendekati rumah warga sekitar 100 meter. “Saya sudah lapor ke BPBD Karangasem. Tetapi sebelum petugas BPBD datang, api telah berhasil dipadamkan,” kata Suarsana.

Jarak antara kobaran api dengan pemukiman penduduk sekitar 100 meter. “Jika tidak cepat ditangani, maka api dari alang-alang terbakar itu akan mudah menuju pemukiman,” tambahnya.
Lahan kebun yang terbakar, berisi tanaman mangga, dan kebanyakan semak-semak. Perbekel Suarsana menambahkan, kebakaran berawal dari pemilik kebun bersih-bersih lanjut membakar sampah. Namun api menjalar ke semak-semak karena tiupan angin kencang. Api mudah menjalar karena ada alang-alang kering.7k16

Komentar