nusabali

Libur Panjang, Turis ke Ulun Danu Beratan Membeludak

  • www.nusabali.com-libur-panjang-turis-ke-ulun-danu-beratan-membeludak

TABANAN, NusaBali - Libur serangkian Hari Raya Waisak menjadikan kunjungan turis atau wisatawan ke Daya Tarik Wisata (DTW) Ulun Danu Beratan, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, membeludak. Peningkatan kunjungan pun membludak hingga wisatawan kesulitan mencari tempat parkir.

Peningkatan kunjungan sudah terjadi sejak Kamis (23/5). Dari hari biasa kunjungan hanya diangka 1.000 wisatawan per hari, sejak liburan Hari Raya Waisak dan cuti berasama meningkat menjadi 2.500 per hari. 

Manager DTW Jatiluwih I Wayan Mustika mengakui adanya liburan cuti bersama itu kunjungan wisatawan memang naik. Terbanyak adalah wisatawan domestik luar Bali seperti Jawa Timur. "Kalau asing juga naik, India yang banyak. Presentasenya domestik 60 persen dan asing 40 persen," ujarnya, Minggu (26/5). 

Disebutkan para wisatawan yang berkunjung tersebut lebih banyak mereka menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu ada juga wisatawan yang berkunjung menggunakan bus. Biasanya yang menggunakan bus adalah siswa yang study tour ke Bali. 

"Siswa yang study tour memang masih ramai. Mudah-mudahan saja kunjungan tidak berdampak ke kami karena kecelakaan bus rombongan di luar Bali itu," harap Mustika.

Menurutnya wisatawan yang berkunjung ke Ulun Danu Beratan mereka lebih banyak menikmati wahana swa foto di tepi danau. Kemudian gate masuk candi kawasan dan berfoto di wahana Taman Dinasaourus. 

Mustika mengakui sejalan dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, memang terjadi kekurangan tempat parkir. Namum masalah itu bisa diatasi dengan cara petugas parkir yang lebih telaten mengatur. 

Disamping itu juga kata Mustika wisatawan yang datang ke Ulun Danu Beratan silih berganti. Begitu adanya yang kesulitan tempat parkir beberapa saat kemudian ada wisatawan yang hendak pulang. "Jadi kalaupun itu tidak dapat parkir masih bisa diatasi dengan menunggu beberapa detik kemudian akan diarahkan ke tempat parkir yang sudah kosong," tandasnya.7des

Komentar