nusabali

Juara Piala FA, MU ke Liga Europa

Geser Chelsea dan Depak Newcastle, Setan Merah Kawinkan Gelar

  • www.nusabali.com-juara-piala-fa-mu-ke-liga-europa

Sukses MU juara Piala FA musim ini disebut Erik ten Hag sangat penting. Bukan hanya membuat MU mendapat tiket bermain di level Eropa, tapi juga meningkatkan mental skuad MU sendiri.

LONDON, NusaBali
Sukses juara Piala FA 2024, Manchester United (MU) dipastikan tampil di Liga Europa musim depan. Ya, MU juara Piala FA usai menaklukkan Manchester City 2-1 dalam laga final di Stadion Wembley, London, Sabtu (25/5) malam. 

MU membuat dua gol lebih dulu lewat Alejandro Garnacho dan Kobbie Maino, sedangkan gol City dicetak Jeremy Doku. Secara statistik City mendominasi laga dengan 69 persen penguasaan bola dan melepaskan total 19 tendangan. Namun MU dapat bermain solid dan efektif.

Dari laporan Sky Sports, Minggu (26/5), sukses juara Piala FA 2023/2024 membuat MU meraih tiket ke Liga Europa musim depan. MU mendampingi Tottenham Hotspur yang finis di posisi lima di EPL.

Chelsea yang finis di posisi keenam seharusnya main di Europa League musim depan, kini tergeser ke Liga Conference. Sedangkan Newcastle yang seharusnya ikut Liga Conference League karena finis posisi ketujuh, justru dipastikan tidak tampil di kompetisi Eropa musim depan. Sedangkan empat tim yang lolos Liga Champions, yakni Manchester City, Arsenal, Liverpool dan Aston Villa.

Namun ada fakta menarik dari keberhasilan MU meraih trofi juara Piala FA musim ini. The Red Devils berhasil mengawinkan trofi juara Piala FA milik tim putri dengan tim putra. Dua pekan sebelumnya, tim putri MU lebih dulu meraih trofi juara Women's FA Cup musim ini. Tim asuhan Marc Skinner itu jadi juara usai mengalahkan Tottenham Hotspur 4-0, di laga final yang juga di Wembley, Minggu (12/5).

Keberhasilan MU mengawinkan gelar juara Piala FA jadi sejarah baru yang ditorehkan klub. Raihan Piala FA putri-putra di musim yang sama menjadi yang pertama kali bagi MU.

Sukses MU juara Piala FA musim ini disebut Erik ten Hag sangat penting. Bukan hanya membuat MU mendapat tiket bermain di Eropa, tapi juga meningkatkan mental skuad MU sendiri.

"Sepakbola pada akhirnya tentang memenangkan trofi. Saya ingin memainkan sepakbola terbaik, sepak bola menyerang, sepak bola dinamis. Namun pada akhirnya, harus memenangkan pertandingan dan trofi."

"Itulah mentalitas yang kami bawa dan kami punya hanya satu peluang musim ini, di Piala FA. Saya sangat bangga dengan para pemain dan staf karena mereka melakukan pekerjaan yang fantastis," kata Ten Hag di situs resmi MU.

Sementara itu, pelatih ManCity Pep Guardiola mengakui timnya kecolongan saat takluk 0-2 dari MU dalam final Piala FA, Sabtu malam. Dia merasa tim asuhannya bermain tidak kalah baiknya dari MU Menurutnya, dua gol MU membuat The Cityzen tersengat dan lebih gencar melakukan serangan.

City pun harus merelakan trofi Piala FA musim ini terlepas dari genggaman. Namun, Guardiola menegaskan timnya tidak tampil buruk dalam laga final tersebut. Bahkan secara keseluruhan City bermain bagus. Namun, dia mengakui MU juga memberikan perlawanan yang sengit

"Kami telah melalui musim yang fantastis. Kami kalah di pertandingan, selamat kepada United. Ini pertandingan yang ketat dan kami setelah kebobolan gol dan babak kedua kami memiliki peluang," kata Guardiola, di laman resmi klub, Minggu (26/5). ant

Komentar