nusabali

Diawali Prosesi Majaya-jaya, KPU Gianyar Lantik 210 PPS

  • www.nusabali.com-diawali-prosesi-majaya-jaya-kpu-gianyar-lantik-210-pps

GIANYAR, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar melantik 210 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pilkada 2024, bertempat di Balai Budaya Kabupaten Gianyar, Minggu (26/5).

Pelantikan PPS ini diawali dengan prosesi majaya-jaya yang dilakukan pada pukul 08.00 Wita bertempat di padmasana Balai Budaya Gianyar. Upacara majaya-jaya dipuput oleh pemangku setempat. 

Dalam sambutannya Ketua KPU Gianyar I Wayan Mura menekankan bahwa suksesnya Pilkada Kabupaten Gianyar tidak hanya bergantung kepada KPU, melainkan juga peran pemerintah daerah sangat penting. Dia juga mengapresiasi peran serta aktif dari pemerintah daerah baik itu di tingkat kabupaten hingga desa dalam mensukseskan pemilu dan pilkada di tahun 2024.

Setelah dilantik PPS langsung melakukan pleno untuk menentukan ketua dan selanjutnya dituangkan dalam berita acara.

Wayan Mura juga menyampaikan bahwa untuk selanjutnya tugas-tugas sudah menanti anggota PPS yang baru dilantik. “Setelah ini PPS sudah banyak tugas yang menunggu mulai dari pembentukan kesekretariatan, pemetaan TPS, pembentukan pantarlih, serta melakukan giat-giat sosialisasi kepada masyarakat,” ucapnya. 

Wayan Mura menuturkan bahwa pihaknya akan segera melakukan monitoring ke kecamatan dan desa terkait dengan pembentukan sekretariat PPK dan PPS di kecamatan dan desa di seluruh Kabupaten Gianyar.

Pj Bupati Gianyar yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Gianyar Dewa Gede Putra Amarta, mengatakan pemilu memiliki arah strategis dalam pembangunan bangsa ke depan. Dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di Gianyar, penyelenggara harus mengedepankan aturan perundang-undangan, asas kepemiluan, serta netralitas dalam melaksanakan tugasnya.

Anggota PPS yang dilantik adalah sebanyak 210 orang yang akan bertugas di 70 desa dan kelurahan di seluruh Kabupaten Gianyar. 7 nvi

Komentar