nusabali

Pelaku UMKM Badung Diberi Pelatihan Kuliner Tradisional

  • www.nusabali.com-pelaku-umkm-badung-diberi-pelatihan-kuliner-tradisional
  • www.nusabali.com-pelaku-umkm-badung-diberi-pelatihan-kuliner-tradisional

MANGUPURA, NusaBali - Bidang kuliner menjadi salah satu potensi bisnis yang menjanjikan. Untuk bisa bersaing di bisnis kuliner, kualitas produk serta pemahaman para pelaku usaha tentang kuliner mesti ditingkatkan.

Karenanya, sebanyak 25 UMKM diberikan pelatihan kuliner di Ruang Cempaka Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, Jumat (27/5). Pelatihan akan berlngsung hingga 31 Mei 2024.

Pelatihan yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DiskopUKMP) Badung.

“Pelatihan ini bertujuan untuk peningkatan pemahaman dan pengetahuan pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha di bidang kuliner,” ujar Kepala Bidang UMKM dan Kewirausahaan I Made Wirya Santosa ST MSi mewakili Kepala DiskopUKMP Kabupaten Badung saat membuka kegiatan pelatihan kemarin.

Dalam memberikan materi serta praktik, DiskopUKMP Badung bekerja sama dengan Sekolah Perhotelan Bali (SPB) sebagai narasumber. Adapun materi pelatihan adalah pengenalan alat dan bahan untuk praktik kuliner tradisonal, mengenal proses pembuatan jajanan dan masakan tradisional, membersihkan lokasi/area dan peralatan kerja, mengorganisir dan menyiapkan makanan, praktik membuat jajan dan masakan tradisional.

Wirya berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan keahlian dan pengetahuan peserta terhadap cara membuat, cara mengemas, dan cara membuat inovasi terhadap kuliner tradisional yang akan diproduksi oleh peserta untuk diperjualbelikan. “Tentunya kita berharap dengan membuat pelatihan ini yang mana kita menggandeng SPB dapat meningkatkan kualitas, inovasi, dan tentunya kreativitas, baik itu dalam pengemasan, penyajian dan cita rasa yang dihasilkan,” ujarnya. 7 ind

Komentar