nusabali

Desa Les Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2024!

  • www.nusabali.com-desa-les-masuk-50-besar-desa-wisata-terbaik-adwi-2024

SINGARAJA, NusaBali.com - Desa Les, di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali, kembali menorehkan prestasi membanggakan. Desa ini berhasil masuk ke dalam 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian ini. "Capaian ini sangat luar biasa, mengingat Desa Les harus bersaing dengan total 6.016 desa wisata di seluruh Indonesia," ujarnya, Selasa (28/5/2024).

Menurut Dody, keberhasilan ini merupakan bukti nyata potensi Desa Les sebagai destinasi wisata yang kian bersinar di mata nasional. Kegigihan dan dedikasi desa ini dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan patut diapresiasi.

Daya tarik utama Desa Les terletak pada keindahan alam dan budayanya yang memukau. Hal ini pun selaras dengan tema ADWI tahun ini, yaitu "Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia".

"Pemerintah desa dan adat berkomitmen untuk menjaga desa kami agar terhindar dari pembangunan yang merusak alam," ujar Perbekel Desa Les, Gede Adi Wistara.

Lebih lanjut, Dody menjelaskan bahwa Dispar Buleleng akan mempersiapkan kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, ke Desa Les untuk melakukan peninjauan dan pencocokan data di aplikasi Jejaring Desa Wisata (Jadesta). Kunjungan tersebut dijadwalkan pada Juni atau Juli 2024.

Pencapaian Desa Les dalam ADWI 2024 diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Bali dan Indonesia untuk terus mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Keindahan alam, budaya, dan keramahan masyarakat Desa Les menjadi modal penting untuk menjadikannya destinasi wisata kelas dunia.

Mari kita dukung Desa Les dalam mewujudkan mimpinya!

Komentar