nusabali

Raffi Ahmad Masuk Top of Mind Bursa Cawagub Pilkada Jawa Tengah

  • www.nusabali.com-raffi-ahmad-masuk-top-of-mind-bursa-cawagub-pilkada-jawa-tengah

JAKARTA, NusaBali.com - Nama pesohor Raffi Ahmad meramaikan bursa bakal calon wakil gubernur (cawagub) pada Pilkada Jawa Tengah 2024. Lembaga survei Parameter Politik Indonesia mengungkapkan bahwa Raffi Ahmad berada di posisi ketiga berdasarkan pertanyaan terbuka terkait siapa yang menjadi top of mind atau disebut pertama kali oleh responden.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menjelaskan dalam rilis yang disiarkan daring pada Rabu (29/5/2024), bahwa nama Raffi Ahmad bersaing dengan beberapa tokoh politik dan pejabat lainnya. 

“Dalam elektabilitas calon wakil gubernur top of mind, ada nama Wagub Jateng 2018-2023 Taj Yasin, Ketua DPW PKB Jateng Yusuf Chudlori, Raffi Ahmad, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, mantan Menteri ESDM Sudirman Said, dan Bupati Kendal Dico Ganinduto,” kata Adi.

Menurut survei, Taj Yasin memperoleh 5,4 persen, Yusuf Chudlori 2,5 persen, dan Raffi Ahmad meraih 1,6 persen. Sementara itu, Irjen Pol Ahmad Luthfi mendapatkan 1,5 persen, Sudirman Said 1,4 persen, dan Dico Ganinduto 1,3 persen.

"Ini adalah elektabilitas calon wakil gubernur yang menurut kami berada di rentang 1-5 persen. Hanya ada sekitar enam orang yang terkonfirmasi menurut responden dan pemilih di Jawa Tengah yang memiliki atau punya potensi untuk menjadi Wakil Gubernur. Ini top of mind karena responden diminta untuk menjawab secara spontan soal siapa yang menurut mereka potensial untuk menjadi Wakil Gubernur," jelas Adi.

Survei Parameter Politik Indonesia menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 800 responden. Responden merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 17 tahun ke atas atau sudah menikah. 

Pengumpulan data dilakukan dalam kurun waktu 15-21 Mei 2024 dengan metode wawancara langsung menggunakan kuesioner yang dilakukan oleh surveyor berpengalaman dan terlatih. Survei ini memiliki toleransi kesalahan kurang lebih 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Kemunculan nama Raffi Ahmad dalam bursa bakal cawagub Pilkada Jawa Tengah tentu menarik perhatian publik, mengingat Raffi dikenal sebagai seorang entertainer yang populer. Masuknya Raffi ke dunia politik menunjukkan dinamika baru dalam Pilkada kali ini, di mana figur non-politik juga mendapat perhatian sebagai calon pemimpin daerah. *ant

Komentar