nusabali

Bandara Gelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat

  • www.nusabali.com-bandara-gelar-latihan-penanggulangan-keadaan-darurat

MANGUPURA, NusaBali - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, bersama dengan seluruh komunitas bandara akan menggelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) pada Kamis (30/5) hari ini. Latihan akan dilaksanakan terpusat pada sisi selatan Bandara Ngurah Rai.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, mengatakan kegiatan PKD penting dilakukan karena Pulau Bali merupakan salah satu destinasi pariwisata kelas dunia. Buktinya hingga April 2024 teah melayani sebanyak 7.123.666 penumpang dengan 44.709 pergerakan pesawat. “Maka dari itu, perlu kami pastikan seluruh personel yang bertugas di Bandara Ngurah Rai siap untuk menghadapi keadaan darurat yang dapat terjadi sewaktu-waktu,” ujar Handy, Rabu (29/5).

Dikatakan, latihan PKD dilaksanakan dalam rangka memastikan implementasi Dokumen Airport Emergency Plan (AEP) dan Dokumen Airport Security Program (ASP) berjalan baik pada penanggulangan keadaan darurat penerbangan di bandara melalui fungsi komando, koordinasi dan komunikasi antar Airport Emergency Committee (AEC) & Airport Security Committee (ASC). Dalam rangkaian latihan PKD kali ini, Bandara Ngurah Rai menggelar tiga latihan kedaruratan yakni latihan penanganan kecelakaan pesawat udara (Aircraft Accident Exercise), penanganan ancaman keamanan (Security Exercise), dan penanganan kebakaran (Domestic Fire Exercise).

“Latihan PKD yang kami lakukan telah dirancang sedemikian rupa, sehingga mendekati kondisi keadaan darurat yang sesungguhnya. Dengan demikian, kami dapat menguji kesiapsiagaan personel bandara serta prosedur yang berlaku demi memastikan keamanan dan keselamatan operasional penerbangan,” tegas Handy.

Handy melanjutkan dikarenakan latihan PKD akan dilaksanakan seperti keadaan yang sesungguhnya, pihaknya pun mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang berada di Bandara Ngurah Rai untuk tidak panik dan tetap tenang selama kegiatan berlangsung. Dalam latihan PKD itu, pihaknya juga akan melibatkan instansi terkait termasuk dalam Komite Kedaruratan Bandara seperti Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, Pangkalan TNI AU I Gusti Ngurah Rai, Kepolisian Daerah Provinsi Bali, Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Perum LPPNPI (AirNav) Cabang Denpasar, pihak maskapai, Ground Handling, dan rumah sakit yang berada di sekitar kawasan bandara.

“Dapat kami pastikan, kegiatan latihan PKD ini tidak mengganggu operasional di bandara. Penerbangan dipatikan tetap berjalan dengan normal,” ucap Handy. 7 ol3

Komentar