nusabali

116 Siswa SMP Beradu OSN Mapel IPA dan IPS

  • www.nusabali.com-116-siswa-smp-beradu-osn-mapel-ipa-dan-ips

AMLAPURA, NusaBali - 116 siswa SMP se-Karangasem adu pintar dalam OSN (Olimpiade Sains Nasional) tingkat Kabupaten Karangasem 2024, mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Hari pertama OSN melombakan dua mata pelajaran itu.

OSN tingkat Kabupaten Karangasem tersebar di lima tempat, salah satunya di SMPN 2 Amlapura, Jalan Sudirman, Amlapura, Rabu (29/5). Empat lokasi lainnya di SMPN 1 Amlapura, SMPN 1 Abang, SMPN 2 Selat, dan SMPN 1 Bebandem. Tercatat 87 siswa ikut mata pelajaran IPA, berlomba pukul 08.00 Wita-11.30 Wita dan mata pelajaran IPS sebanyak 79 siswa berlomba pukul 14.00 Wita-16.30 Wita.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Gusti Lanang Sangkan mengatakan, nantinya tiap mata pelajaran ada 5 pemenang untuk dikirim ke OSN Tingkat Provinsi Bali. “Jadi peringkat 1 hingga peringkat 5 berhak mewakili Kabupaten Karangasem berlomba di OSN Tingkat Provinsi Bali,” jelas I Gusti Lanang Sangkan.

Kata dia, hasil OSN Tingkat Kabupaten Karangasem diolah pihak Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional). Hanya saja, lomba di Tingkat Provinsi Bali, belum ada jadwalnya. Lanang Sangkan menambahkan, untuk mata pelajaran Matematika, dilombakan, Kamis (30/5) yang terdaftar sebanyak 84 siswa.

Mengenai materi soal, katanya, semuanya sama, hanya saja nomornya diacak. Lomba berlangsung secara online. “Akses internet tidak ada kendala, semuanya lancar,” tambahnya. Kasek SMPN 2 Amlapura I Kadek Wirawan mengatakan, di OSN kali ini menyertakan 5 siswa di tiap mata pelajaran, masing-masing IPA, IPS dan Matematika sebanyak 5 siswa. “Targetnya lolos ke OSN Provinsi Bali,” jelas Kadek Wirawan.

Sebab yang berlomba, jelas dia, merupakan siswa pilihan, sebelumnya telah optimal mengikuti pelatihan. “Makanya siswa kami siap berlomba, dan siap memenangkan tiket ke OSN Tingkat Provinsi Bali,” tambahnya. Kasek SMPN 1 Manggis I Ketut Sarjana mengatakan, hanya menyertakan 3 siswa untuk lomba IPA dan 4 siswa untuk lomba IPS. “Kami juga berharap agar ada yang mampu lolos ke OSN Tingkat Provinsi Bali,” kata Sarjana.

Begitu juga menurut Kasek SMPN 3 Selat I Komang Gede Sudarsana, hanya menyertakan 2 siswa untuk lomba IPA, dan 3 siswa untuk lomba IPS.
Berbeda dengan Kasek SMPN 1 Selat I Nengah Sikiarta, hanya menyatakan 1 siswa lomba IPA dan 1 siswa untuk lomba IPS. “Saat mendaftar kurang cermat, dikira tiap sekolah hanya boleh mendaftarkan satu siswa, ternyata maksimal bisa mendaftarkan 5 siswa untuk tiap mata pelajaran,” jelas Sikiarta.7k16

Komentar