nusabali

Ribuan Atlet Berlaga di Porjar Bali

ISSI Bali Senang Jadi Cabor Resmi Bukan Ekshibisi

  • www.nusabali.com-ribuan-atlet-berlaga-di-porjar-bali

Total keseluruhan yang ikut dalam Porjar Bali mulai dari atlet, pelatih dan ofisial berjumlah 8.087 orang. Namun jumlah atletnya 7.050 orang. Badung mengirim atlet terbanyak 1.317 orang dan diikuti Denpasar 1.311 atlet.

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak ribuan pelajar atau tepatnya 7.050 atlet dari 40 cabang olahraga (Cabor) akan berlaga pada Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali 2024. Jumlah atlet tersebut terdiri dari cabor resmi, gotong royong, gotong royong murni dan cabor ekshibisi.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) K.N Boy Jayawibawa menerangkan dari 40 cabor itu, terdiri dari 8 cabor resmi, 13 cabor gotong royong dan 9 cabor gotong royong murni serta 10 cabor eksebisi. Penyelenggaraan di empat kabupaten, yakni lima venue di Badung, satu venue di Tabanan, satu venue di Klungkung dan 24 venue di Denpasar. 

"Pembukaan dilakukan di GOR Lila Bhuana Denpasar. Kami mengusung tema Dengan Semangat Gotong Royong Kita Tingkatkan Pembinaan dan Prestasi Atlet Pelajar Bali Menuju Prestasi Dunia," kata Boy Jayawijaya, Kamis (30/5)

Menurut Boy, total keseluruhan yang ikut dalam Porjar Bali mulai dari atlet, pelatih dan ofisial berjumlah 8.087 orang. Namun jumlah atletnya sebanyak 7.050 orang. Nah, pada Minggu (3/6) pagi, para atlet sudah mendapatkan penginapan di Hotel Wisma. Sedangkan atlet paling banyak dari Badung 1.317 orag dan Denpasar 1.311 atlet. 

Sementara Ketua Pengprov Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Bali  sebagai cabor bukan eksibisi. Lokasi untuk cabor balap sepeda dilaksanakan di Pantai Mertasari, Sanur mempertandingkan kategori cross country dan criterium di tingkat SD hingga SMA. 

"Rencana untuk kategori BMX kami urungkan karena ada kabupaten/kota belum siap. Tahun lalu kami perbanyak nomornya. Totalnya masing-masing kabupaten/kota beda," kata Wayan Mandhira.

Wandhira berharap dengan ikutnya cabor balap sepeda bisa melahirkan atlet berprestasi seperti Sayu Bella Sukma Dewi langganan medali di kejuaran internasional. Diakui Porjar ini sebagai penjaringan untuk menjadikan atlet balap sepeda  profesional 

"Harapan kami kebetulan sudah resmi cabor diikutsertakan dalam porsenijar. Sumber rekrutmen dari pelajar seperti Sayu sudah menjadi atlet internasional semoga mampu mengikuti jejak Sayu," kata Wayan Mandhira.

Sedangkan secara terpisah, Ketua KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan meminta atlet-atlet yang ikut dalam Porjar ini harus berbangga yang terpilih adalah anak berprestasi. Dikarenakan seleksi dari bawah dan berjenjang. Dia menyebutkan bahwa partisipasi atlet tidak lepas dari peran-peran klub-klub olahraga. 

"Prinsip olahraga harus terjaga, harus excellence, respect dan friendship harus diaktualisasikan termasuk di porjar ini," tandas Oka Darmawan.dar

Komentar