nusabali

KPPU Apresiasi Rencana Kereta Massal Bali, Ingatkan Pentingnya Persaingan Sehat

  • www.nusabali.com-kppu-apresiasi-rencana-kereta-massal-bali-ingatkan-pentingnya-persaingan-sehat

DENPASAR, NusaBali.com - Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M Fanshurullah Asa mengapresiasi terobosan Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya dalam membangun kereta massal Bali Urban Rail and Associated Facilities (BURT) tanpa menggunakan dana APBN atau APBD.

"Konsep Investor Club merupakan salah satu solusi cerdas dalam menyiasati berbagai keterbatasan dalam membangun infrastruktur," ujar Fanshurullah dalam pertemuan dengan Pj Gubernur Bali di Denpasar, Kamis (30/5/2024).

Namun, Fanshurullah mengingatkan agar konsep Investor Club ini dijalankan dengan hati-hati agar tidak membuka celah praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

"KPPU akan segera mengkaji secara khusus konsep Investor Club ini dan mengkomunikasikannya dengan Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Pusat," tegasnya.

Pj. Gubernur Bali menjelaskan bahwa dalam skema Investor Club, cucu perusahaan BUMD PT Jamkrida Bali Mandara, PT Sarana Bali Dwipa Jaya, akan menjalin kerjasama dengan investor untuk membentuk konsorsium. Konsorsium ini kemudian akan membangun BURT.

"Nantinya, BURT akan dioperasikan oleh operator yang akan dipilih melalui tender," jelas Mahendra.

Selain membahas konsep Investor Club, KPPU dan Pj. Gubernur Bali juga membahas beberapa hal lain, di antaranya:
  • Perubahan Peraturan Gubernur Bali Nomor 22 Tahun 2021: KPPU menyarankan agar penggunaan kata "wajib" diubah menjadi "memprioritaskan" untuk membuka akses kepada seluruh pelaku usaha.

  • KPPU Award: KPPU akan memberikan penghargaan kepada Kementerian Lembaga dan Pemerintah Provinsi yang secara aktif menjalankan nilai-nilai persaingan usaha yang sehat dalam kebijakan yang diambil.

  • Daftar Periksa Kebijakan Persaingan Usaha: KPPU mendorong Pemerintah Provinsi Bali menggunakan Daftar Periksa Kebijakan Persaingan Usaha dalam merumuskan kebijakan daerah.

  • Kantor Perwakilan/Penghubung KPPU: KPPU menjajaki kemungkinan penggunaan Aset Pemerintah Provinsi Bali untuk lokasi Kantor Perwakilan/Penghubung KPPU.

  • Warung/Toko Tradisional 24 Jam: KPPU mendukung inovasi ini untuk memperkuat ekonomi Indonesia, namun penting untuk menjamin kesempatan berusaha yang sama.
Menutup pertemuan ini, Ketua KPPU dan Pj. Gubernur Bali sepakat untuk terus menjalin kerjasama dalam mengawal percepatan pembangunan di daerah Bali dalam perspektif persaingan usaha dan kemitraan yang sehat, dengan tetap memperhatikan nilai-nilai budaya Bali dan kearifan lokal.

Komentar