nusabali

KIM Plus Terbentuk di Bangli

  • www.nusabali.com-kim-plus-terbentuk-di-bangli

BANGLI, NusaBali - Partai Golkar, Demokrat, Gerindra, dan NasDem serta beberapa partai non parlemen melakukan pertemuan di kantor DPD II Partai Golkar Bangli pada Sabtu (1/6).

Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan yakni membentuk koalisi pada Pilkada Bangli 2024 nanti, Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Diketahui, pertemuan tersebut difasilitasi Ketua DPD II Golkar Bangli I Gusti Made Winuntara, dihadiri Ketua DPC Gerindra Bangli I Made Joko Arnawa, dari Partai NasDem diwakili Bidang Organisasi, Kadernisasi, dan Keanggotaan I Nengah Sukarta, dan Sekretaris DPC Partai Demokrat Bangli I Wayan Sedia, serta beberapa pimpinan parpol lainnya.

Gusti Winuntara mengatakan, instruksi dari DPP Golkar sangat jelas yakni di daerah diwajibkan melakukan koordinasi dengan pimpinan partai politik  dalam tatanan membangun koalisi. 

Sebelumnya pihaknya sudah sempat mengundang pimpinan parpol untuk membahas masalah koalisi. “Pertemuan kali ini kita ingin kepastian dari masing-masing parpol terkait membangun  koalisi,” ucapnya. 

Berkaca di provinsi telah terbangun koalisi 11 partai politik menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali 2024 dengan mengusung Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra  dan Made Muliawan Arya (Rai Mantra/De Gadjah). KIM yang telah terbangun di provinsi tentu bisa linier hingga di kabupaten/kota.

“Hasil pertemuan kali ini Partai Golkar, Demokrat, Gerindra, NasDem, dan Garuda sepakat membangun koalisi pada Pilkada Bangli yang akan dihelat pada 27 November 2024 nanti. Untuk PSI masih menunggu instruksi dari induk partai,” kata politisi asal Kelurahan Bebalang, Bangli ini.  

Disinggung terkait calon yang diusung pada Pilkada Bangli 2024, Gusti Winuntara menyatakan jika Partai NasDem, Golkar, dan Demokrat melakukan penjaringan bakal calon. Untuk NasDem ada dua nama  yang daftar yakni, IB Giri Putra dan Gede Mangun. Sedangkan di Golkar yang daftar yakni IB Giri Putra, Gede Mangun, Raden Cahyo Nugroho Martosubroto, dan Gusti Made Winuntara. 

Sementara di Demokrat yakni Raden Cahyo Nugroho Martosubroto. Setelah terbangun koalisi langkah selanjutnya akan dibentuk tim penjaringan bakal calon dan tim pemenangan. “Dalam waktu dekat akan ada pembahasan lagi,” sambungnya.

Ketua DPC Gerindra Bangli I Made Joko Arnawa mengakui dengan meraih 1 kursi, pihaknya belum siap melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati. Namun demikian dengan terbentuknya koalisi ke depannya para calon daftar di koalisi. 

Pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada Golkar karena telah memfasilitasi dalam pembentukan koalisi. Ada persamaan persepsi dengan kawan-kawan untuk membangun koalisi. “Intinya Gerindra sudah linier dari pusat hingga provinsi. Kami di daerah pasti tunduk dan patuh dan siap jalin koordinasi,” kata Joko Arnawa. 7 esa

Komentar