nusabali

Pancasila Jadi Pedoman dalam Keberagaman

Pemprov Buka Bulan Bung Karno 2024

  • www.nusabali.com-pancasila-jadi-pedoman-dalam-keberagaman
  • www.nusabali.com-pancasila-jadi-pedoman-dalam-keberagaman

DENPASAR, NusaBali - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menggelar upacara  Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Denpasar, Bali, Sabtu (1/6).

Penjabat (Pj) Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya yang bertindak sebagai inspektur upacara menyatakan Pancasila sebagai pedoman dalam keberagaman. 

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 mengambil tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2045’.  Kepala dan Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi dalam arahan yang dibacakan Pj Gubernur Mahendra Jaya, mengingatkan pentingnya Pancasila untuk negara majemuk seperti Indonesia. 

“Di dalam Pancasila terdapat nilai-nilai yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong,” ujar Pj Gubernur Mahendra Jaya. 

Lebih lanjut, keragaman merupakan anugerah bagi bangsa Indonesia yang dapat mengantarkan bangsa Indonesia menuju gerbang kemakmuran dan kemajuan di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini. 

Pj Gubernur Mahendra Jaya mengajak generasi muda untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara yang lebih kekinian. “Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nila-nilai Pancasila,” kata Pj Gubernur Mahendra Jaya.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang diikuti oleh pegawai Pemprov Bali, TNI-Polri, hingga perwakilan siswa SMA juga digunakan oleh Pemprov Bali untuk membuka Bulan Bung Karno 2024. Selama sebulan penuh akan digelar berbagai kegiatan terkait pemikiran Bung Karno maupun nilai-nilai Pancasila.  Seusai upacara, terdapat agenda pelepasan burung hingga pembagian bendera merah putih untuk masyarakat, yang sebelumnya sudah diserahkan kepada perwakilan secara simbolis.n a 

Komentar