nusabali

Persib Menanti Satu Dasa Warsa untuk Pesta Juara Lagi

  • www.nusabali.com-persib-menanti-satu-dasa-warsa-untuk-pesta-juara-lagi

BANDUNG, NusaBali - Persib Bandung mengakhi penantian selama satu dasa warsa (10 tahun) untuk menjuarai Liga 1 Indonesia, usai mengalahkan Madura United 3-1, pada leg kedua final babak Championship Series di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Jumat (31/5) malam.

Kemenangan Persib hadir berkat gol-gol yang dicetak David Da Silva, Marc Klok dan Beckham Putra Nugraha pada babak kedua. Sedangkan gol Madura United lewat tendangan penalti Slamet Nurcahyo. 

Hasil itu membuat Persib memenangi final Championship Series Liga 1 Indonesia 2023/2024 berkat kemenangan agregat 6-1 atas Madura United. Gelar itu yang pertama bagi Persib pada era Liga 1 Indonesia, setelah terakhir kali juara pada era Liga Super Indonesia 2014. 

Sukses Persib itupun disambut gembira para bobotoh yang melakukan pawai juara di Kota Bandung untuk merayakan sukses Persib juara Championship Series BRI Liga 1 2023/2024. 

Pada hari Sabtu (1/6) siang hingga sore dan malam, para Bobotoh memadati ruas-ruas jalan protokol Kota Bandung untuk merayakan sukses juara. Kota Bandung pun jadi lautan biru yang merupakan warna khas Persib. 

Sukses Persib bertambah lengkap, karena pelatih mereka Bojan Hodak menjadi pelatih terbaik dan strikernya David Da Silva menjadi pencetak gol terbanyak pada ajang Liga 1 musim 2023/2024.

Bojan Hodak ditasbihkan sebagai pelatih terbaik kompetisi Liga 1 musim ini karena membawa Persib juara. Sedangkan David Da Silva sebagai pencetak gol terbanyak setelah menorehkan total 30 gol sepanjang musim bersama Persib.

Bojan Hodak mengaku tidak melakukan hal khusus sehingga timnya menjadi juara. Menggantikan Luis Milla, pelatih asal Kroasia itu sukses mengangkat Persib yang sebelumnya berada di peringkat 16 sehingga menjadi juara. Bojan mengakui dirinya tidak melakukan perubahan radikal. 

Dia hanya membenahi beberapa hal dan timnya memberikan respon bagus. Bojan juga mengaku tak habis pikir Persib sempat terseok-seok di awal musim 2023/2024. Padahal dia menilai, Persib memiliki skuat yang bagus sehingga bisa keluar sebagai juara musim ini.

Sementara itu, pelatih caretaker Madura United, Rakhmad Basuki menilai gaya main negatif merupakan alasan mengapa Persib meraih gelar BRI Liga 1 2023/2024.

"Mereka bertahan sangat baik dan itu salah satu senjata Persib. Menunggu bola, bertahan dengan baik, compact defense luar biasa lalu merebutnya, quick counter sangat efektif. Itu kunci kekuatan mereka musim ini," kata Rahmad Basuki.

Dia menilai Persib begitu superior. Cara bermain mereka efektif, transisi positifnya luar biasa. Menurut Rahmat, hal itu sebetulnya sudah diantisipasi dalam beberapa latihan terakhir. *


Pengharagaan Liga 1 2023/2024:
Wasit Terbaik - Nendi Rohaendi
Tim Fair Play - Borneo FC
Pelatih Terbaik - Bojan Hodak (Persib)
Pemain Muda Terbaik - Fajar Faturrahman (Borneo)
Top Skorer - David Da Silva (Persib)
Pemain terbaik - Francisco Rivera (Madura United)

Daftar Juara Era Liga 1
2017: Bhayangkara FC
2018: Persija Jakarta
2019: Bali United
2021/2022: Bali United
2022/2023: PSM Makassar
2023/2024: Persib Bandung

Komentar