nusabali

Calvin Verdonk Berharap Debut Lawan Filipina

  • www.nusabali.com-calvin-verdonk-berharap-debut-lawan-filipina

JAKARTA, NusaBali - Pemain klub NEC Nijmegen Calvin Verdonk mengatakan proses naturalisasinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) segera kelar atau selesai. Meski sulit tampil lawan Irak pada Kamis (6/6), Verdonk berharap bisa debut saat Indonesia kontra Filipina, Selasa (11/6).

Ya, Calvin Verdonk (26 tahun) tiba-tiba bergabung Timnas Indonesia dan mengikuti latihan bersama Skuad Garuda pada Jumat (31/5) pagi di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat. Calvin tidak masuk dalam daftar 22 pemain Indonesia untuk Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Selain itu, dia juga belum WNI.

"Saya harap mereka dapat memprosesnya segera, dan ya kita harus melihat apa yang akan terjadi," ujar Verdonk.

Sebelumnya, Menpora Dito Ariotedjo memberikan perkembangan terbaru terkait naturalisasi Calvin Verdonk yang memasuki babak akhir, yakni akan dibahas Komisi III dan Komisi X DPR pada Senin (3/6). Setelah itu, tinggal disahkan di rapat paripurna DPR, Keputusan Presiden (Keppres), pelantikan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), dan perpindahan federasi.

Apabila belum dapat debut dengan Timnas Indonesia saat lawan Irak pada 6 Juni 2024, Calvin Verdonk ditargetkan dapat memperkuat Skuad Garuda menghadapi Filipina pada 11 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Calvin Verdonk merupakan pemain utama NEC Nijmegen (Belanda). Musim lalu, dia tampil 40 kali termasuk 33 kali di Eredivisie. Verdonk berposisi asli sebagai bek sayap kiri. Namun dia juga sering dimainkan sebagai gelandang bertahan dan play maker. Kedatangannya memanaskan persaingan dengan Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan, dan Shayne Pattynama.

"Saya merasa bugar. Saya bermain 40 pertandingan, jadi saya merasa sangat bugar. Dan, ya, kita lihat nanti," kata Calvin Verdonk.

Karena belum selesai menjalani proses Warga Negara Indonesia (WNI), Calvin Verdonk dipastikan tak tampil membela Timnas menghadapi Tanzania. Meski Verdonk bergabung dalam pemusatan latihan sejak Jumat (31/5). STY mengkonfirmasi Calvin belum dapat tampil karena belum memiliki paspor Indonesia. ant

Komentar